Hati-Hati dengan Malware Issas.exe

Seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini sungguh cepat, kita banyak menemui bermacam-macam teknologi baru yang muncul di dunia ini. Software baru, situs baru, model gadget terbaru, handphone baru, dan lain-lain selalu kita jumpai seiring dengan berjalannya waktu. Namun yang perlu kita waspadai dengan barang-barang baru itu adalah munculnya virus dan malware terbaru. Saat ini telah muncul macam-macam malware baru yang muncul seiring dengan perkembangan teknologi. Semakin kreatif seseorang menciptakan teknologi terbaru yang berguna, semakin kreatif pula para pengganggu/perusak teknologi itu.



Malware baru yang patut kita waspadai saat ini adalah “Issas.exe”. Jika kita tidak hati-hati malware ini akan mudah hinggap dan merusak komputer. Karena malware ini menyamarkan dirinya seolah-olah menjadi file widows yang penting. Malware ini menyamarkan diri sebagai file windows yang bernama “lssas.exe” memakai huruf “L” kecil. Sedangkan malware ini menggunakan huruf “I” capital sehingga nampak seperti huruf “l”.
“lssas.exe” adalah salah satu file windows yang berfungsi sebagai keamanan autentikasi server yang menangani pengamanan operasi sistem, mengecek login user, dan mengatur semua perubahan password pada komputer. Setiap anda log in ke komputer, maka file ini akan mengecek kevalidan user name anda. Jika malware “Issas.exe” ini masuk bisa saja terjadi crash pada komputer sehingga kemungkinan tidak bisa login dan yang lebih parah akan kehilangan account login ke komputer.

Untuk mengantisipasi virus jenis ini, harus bisa membedakan antara huruf “L” file asli windows dan huruf “I” samaran malware. Untuk bisa membedakan huruf itu bisa dengan jalan merubah sistem font yang digunakan seperti “Times New Roman, Verdana, dan lain-lain, selama bisa membedakan kedua huruf yang mirip ini. Untuk merubah jenis hurufnya dapat menggunakan cara sebagai berikut:
  1. Klik Start - Run - ketik regedit untuk membuka Registry editor
  2. Cari HKEY_LOCAL_MACHINE/ Software/ Microsoft/ WindowsNTCurrentVersionFontSubstitues
  3. Kemudian cari MS Shell Dlg 2.
  4. Ubahlah font sesuai dengan yang diinginkan (Times New Roman, Verdana, dll)
  5. Restart komputer
  6. Anda akan melihat perubahan font ketika Anda log in kembali. Tampilan task manager juga akan berubah. 
Saran yang terakhir yaitu, secara teratur scanlah komputer anda menggunakan antivirus yang handal agar dapat dipastikan komputer anda benar-benar aman dari serangan virus maupun malware. Mudah-mudahan info sederhana ini dapat bermanfaat.