Alat Sederhana Memotret Permukaan Bumi

Mungkin pernah terpikir di benak kita bagaimana cara mengambil gambar permukaan bumi dari udara. Untuk mengambil gambar yang bagus tentunya membutuhkan biaya yang banyak, peralatan yang canggih seperti pesawat, dan tentunya melibatkan banyak orang.

Namun sangat berbeda dengan yang dilakukan oleh Robert Harrison. Ia mampu memotret permukaan bumi dengan alat yang sangat sederhana. Yaitu hanya dengan berbekal kamera, balon, papan sirkuit, GPS locator, dan beberapa peralatan sederhana lainnya.


Awalnya dia hanya ingin memotret rumahnya dari udara dengan menggunakan balon, kamera dan remote control mainan helicopter. Sampai akhirnya sekarang berkembang bisa sampai dengan ketinggian 1000 mil dari permukaan bumi. Sehingga dia mampu memotret lengkungan bumi yang begitu menakjubkan.

Kamera Cannon yang dibelinya dengan harga murah tersebut di bungkus dalam sebuah kotak yang berisi peralatan untuk keperluan pengecekan seperti GPS locator, sircuit board, dll. Sircuit board berfungsi agar kamera bisa memotret otomatis setiap 5 menit. Dan GPS locator yang menerima sinyal radio amerika berfungsi agar bisa terdeteksi oleh google map. Perangkat tersebut diterbangkan menggunakan balon cuaca ke udara.

Balon akan meledak ketika mencapai ketinggian maksimum dan sudah tidak mempu menahan tekanan atmosfer. Namun sebelumnya sudah disediakan parasut agar kamera turun ke bumi dalam keadaan aman. Dan di kotak tersebut tertera alamat dan nomer HP Robert. Sehingga dengan mudah dia menemukan kembali kameranya yang jatuh di perumahan.

Berikut ini adalah beberapa gambar yang berhasil ditangkap oleh kamera Robert Harrison:




Sumber referensi:  
http://abcnews.go.com/
http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-1260323/British-aerospace-enthusiast-takes-NASA-style-photographs-using-helium-balloon-pocket-camera.html