Begini Cara Ampuh Mengusir Lalat Jahanam



Apa yang anda rasakan jika di rumah, di dapur, kamar, toilet, diserbu oleh ratusan, ribuan bahkan jutaan lalat? Risih pastinya. Hal ini dulu juga pernah saya rasakan ketika ada tetangga yang ternak ayam potong di dekat rumah, efeknya lalat jadi bertebaran kemana-mana. Setelah stress gara-gara lalat akhirnya saya googling kesana kemari untuk mencari cara ampuh mengusir lalat jahanam yang mengganggu ketenangan dan ketentraman tidur saya. :D

Baiklah langsung saja saya sajikan beberapa cara ampuh mengusir lalat yang berhasil saya kumpulkan dari beberapa sumber yang banyak bertebaran di belantara maya ini.

Cara Alami Mengusir Lalat


Menggunakan daun pandan
Daun pandan yang beraroma harum mempesona ternyata tidak disukai lalat. Maklumlah lalat sudah terbiasa dengan aroma busuk jadi wangi daun pandan membuat idungnya meler (emang lalat punya idung?) :D
Caranya simple aja. Cukup siapkan beberapa helai daun pandan, kemudian iris halus. Letakkan irisan daun pandan tadi pada sebuah mangkuk atau piring. Terakhir, tempatkan piring atau mangkuk tadi di tempat yang banyak dihinggapi lalat.

Bunga Lavender
Bunga lavender yang biasanya sebagai bahan obat nyamuk ternyata juga ampuh mengusir lalat. Caranya cukup kita tempatkan beberapa tangkai bunga lavender di dalam rumah. Selain mengusir lalat, bunga-bunga lavender ini juga mempercantik tampilan ruangan rumah anda. 

Cengkeh
Aroma cengkeh ternyata juga ampuh mengusir lalat. Caranya simple aja, rendam biji cengkeh pada semangkuk air kemudian letakkan rendaman tersebut di tempat yang banyak dihinggapi lalat.
Alternatif lain yaitu dengan menggunakan apel. Caranya penuhi seluruh permukaan apel dengan biji cengkeh tersebut. Paduan antara cengkeh dan apel akan membuat aroma lebih menusuk hidung lalat.
Selain apel juga bisa menggunakan lemon caranya hampir sama yaitu tancapkan beberapa biji cengkeh ke buah lemon yang sudah diiris menjadi 4 bagian. Dan letakkan di daerah kekuasaan lalat.

Menggunakan lilin
Mungkin anda heran ketika masuk warung nasi mbok pah, mbok nah, mbok jem, disitu terdapat lilin yang hidup di siang hari. Ternyata tujuannya adalah untuk mengusir si lalat yang bertebaran di sekitar ikan ayam gorengan mbok nah.
Karena hawa panas dan aroma lilin itu yang membuat lalat takut dan kabur ke tempat tetangga.

Menggunakan air dan plastik
Selain lilin yang biasanya dipake oleh warung mbok nah, yaitu dengan cara plastik dikembungkan dan diisi air secukupnya lalu digantung tepat di atas sayur bayem di dekat lampu. Kilauan plastik yang kinclong akan mengaburkan penglihatan mata lalat. 

Menggunakan perekat
Lem perekat untuk lalat sudah banyak tersedia di warung/kios/toko. Beli aja itu, harganya murah kok.

Cara agak modern

Raket listrik
Jika anda tidak sedang capek, pegal linu, keseleo, encok, dan memang hobi berburu lalat, pakailah raket listrik yang biasanya juga dipakai untuk mengusir nyamuk. Cara ini tergantung kelihaian, kecepatan dan ketangkasan anda dalam memainkan raket ketika memburu lalat.

 Anti nyamuk semprot
Yang gak mau repot, beli aja anti nyamuk semprot yang banyak di jual di toko terdekat. Obat ini selain untuk nyamuk juga ampuh untuk membuat lalat klepek-klepek. Caranya tutup ruangan yang banyak dihinggapi lalat agar tidak ada celah lalat untuk melarikan lalu semprotkan.

Jika kesemua cara ampuh mengusir lalat diatas tidak ada hasilnya, maka yang perlu dipertanyakan, seberapa jorok kah anda? (peace). Mohon maaf kalau kata-kata saya terlalu ngawur. Sekedar sharing aja untuk mengisi blog yang sudah lama tak terendus.