Inilah 7 Manfaat Buah Markisa Yang Perlu Anda Ketahui

manfaat-buah-markisa
Seperti yang kita tahu buah markisa biasanya digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat sirup segar. Banyak produk-produk minuman yang menggunakan buah ini karena kandungan nutrisinya yang banyak.

Karena memiliki tingkat keasaman yang tinggi juga berarti bahwa markisa kaya akan Vitamin C yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan lain yang terdapat dalam buah ini antara lain vitamin, mineral, kalsium, protein, energi, lemak, posfor, serat, zat besi, beta karoten, tiamin, riboflavin, niasin, asam float, asam sitrat, asam askorbat, dan lain-lain.

Buah yang konon berasal dari daerah sub tropis Amerika ini mempunyai beragam manfaat. Adapun manfaat buah markisa untuk tubuh diantaranya digunakan sebagai obat beberapa penyakit berbahaya dan sangat baik untuk kecantikan kulit.

Di Indonesia terdapat 4 Jenis markisa yang dibudidayakan oleh petani diantaranya:
1. Markisa Manis (Sweet Granadila)
Markisa dengan nama latin (Passiflora linglaris) ini mempunyai warna orange dengan bentuk bulat lonjong. Saat masih muda buah ini berwarna hijau dan berwrna kuning tua ketika sudah masak. Buah ini mempunyai rasa manis menyegarkan sehingga ia dinamai markisa manis. 

2. Markisa Ungu (Pulple passion)
Nama latin dari markisa jenis ini adalah (Passiflora var edulis). Jenis ini mempunyai bentuk buah bulat lonjong, saat masih muda berwarna hijau dan berwarna ungu setelah tua. Rasa buahnya asam segar dan beraroma harum. 

3. Markisa Kuning (Yellow Grannadila)
Bentuk markisa jenis ini adalah bulat lonjong, berwarna hijau saat muda dan berwarna kuning cerah setelah masak. Markisa kuning jarang dikonsumsi langsung namun biasanya buah ini diolah menjadi es krim, serbat, nentar, sari buah, konsentrat, squash, selai dan jeli. 

4. Markisa Besar (Giant Granadila)
Ciri-ciri markisa jenis ini pada dasarnya hampir sama dengan markisa kuning, namun buahnya lebih besar dan volumenya lebih banyak. Sayangnya rasa markisa jenis ini relatif tawar dan aromanya kurang kuat sehingga kurang menarik dan jarang dikonsumsi. 

MANFAAT BUAH MARKISA

Terdapat beberapa manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh diantaranya: 

1. Melancarkan Metabolisme
Buah markisa diyakini dapat membantu untuk memperlancar metabolisme pada usus besar. Dapat juga mengatasi masalah sembelit. Selain itu kandungan nutrisi yang terdapat pada buah ini juga dapat membantu mengobati penyakit hyperarcidy, lambung, dan juga ulkus duodenum.

2. Sebagai sumber vitamin C
Seperti yang kita tahu buah markisa yang asam mengandung vitamin C yang sangat baik. Sehingga dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin maka akan terpenuhi 50% dari kebutuhan vitamin c harian anda.

3. Mencegah Kanker
Antioksidan yang terdapat pada buah markisa juga dapat berfungsi untuk mencegah penyakit kanker yang berbahaya.

4. Menjaga Kesehatan Mata
Dalam buah markisa terdapat 1274 Vitamin A per 100 gramnya. Sehingga buah ini sangat baik untuk kesehatan mata. Cobalah rajin-rajin untuk mengkonsumsi buah ini agar kesehatan mata anda selalu terjaga.

5. Memperkuat tulang dan gigi
Manfaat buah markisa yang satu ini disebabkan karena kandungan beta karoten yang tinggi pada buah ini sehingga dapt berfungsi untuk memperkuat perkembangan tulang dan gigi. Selain itu, buah markisa juga dapat memperbaiki jaringan dalam tubuh, mengurangi resiko penyakit artritis, penyakit crhon, parkinson dan bisa juga untuk mencegah depresi.

6. Menstabilkan Berat Badan
Buah markisa yang rendah kalori, sodium dan lemak sangat baik untuk menurunkan berat badan sehingga dapat membantu dalam program diet anda.

7. Menurunkan Kolesterol Darah
Buah markisa juga kaya akan serat. Di dalam 100 gram buah markisa mengandung 10,4 g atau 27% serat. Dan ini sangat baik untuk diet dan membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Manfaat buah markisa lainnya adalah dapat membantu melindungi selaput lendir usus dengan cara mengurangi zat-zat beracun di dalam usus besar serta mengikat bahan kimia yang merupakan penyebab terjadinya kanker di usus besar.

Dengan rajin mengkonsumsi maka kita pasti akan mendapatkan manfaat buah markisa sehingga kesehatan kita tetap terjaga secara alami.