Segudang Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat-buah-pare
Meskipun rasanya pahit, ternyata banyak sekali manfaat buah pare untuk kehidupan manusia baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Di wilayah asia seperti Jepang dan Korea buah pare dipergunakan sebagai bahan untuk pengobatan. Sedangkan di wilayah Indonesia sendiri buah pare dikonsumsi sebagai sayuran.

Memang banyak juga yang tidak menyukai rasa pahit buah ini, Namun bagi sebagian lidah orang yang menyukai buah pare justru merasakan rasa gurih ketika mengkonsumsi buah bergerigi ini.

Di berbagai daerah buah pare dikenal dengan sebutan yang beragam, misalnya orang jawa menyebutnya paria, pare pahit, peparen. Di sumatra pare dikenal dengan nama prieu, fori, pepare, kambeh, paria. Orang Nusa tenggara menyebut buah pare ini dengan paya, truwuk paitap, paliak, pariak, pania, dan pepule. (wikipedia). Apapun sebutannya yang terpenting adalah manfaat buah pare yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Sebelum membahas manfaat buah pare mari terlebih dahulu kita simak Jenis-jenis pare dan segudang kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. 

JENIS BUAH PARE
Terdapat 3 jenis buah pare yaitu pare gajih, pare hijau, dan pare ular.

pare-putih
Pare gajih : Pare ini sering juga disebut dengan pare putih atau pare mentega. Mempunyai panjang sekitar 30-50cm, dengan diameter 3-7cm.





pare-hijau
Pare Hijau: Bentuknya lonjong, kecil dan berwarna hijau dengan bintil-bintil agak halus. Mempunyai panjang sekitar 15-20cm. Rasanya sangat pahit dan daging buahnya tipis.





pare-ularPare Ular: Jenis ini dapat mudah dikenali karena buahnya yang berbentuk bulat panjang, agak melengkung dan panjangnya mencapai 60 cm. Warna kulitnya belang-belang, yaitu hijau keputih-putihan mirip kulit ular dan rasa dagingnya tidak begitu pahit.





Dari ketiga jenis tersebut yang paling diminati dan disukai serta dibudidayakan adalah pare gajih.  


KANDUNGAN NUTRISI BUAH PARE

Energi    
Karbohidrat    
- Gula    
- Serat pangan
Lemak    
- tak jenuh    
- tak jenuh tunggal    
- tak jenuh majemuk    
Protein    
Air    
Vitamin A equiv.    
Tiamina (Vit. B1)    
Riboflavin (Vit. B2)    
Niasin (Vit. B3)    
Vitamin B6    
Folat (Vit. B9)    
Vitamin B12    
Vitamin C    
Vitamin E    
Vitamin K    
Kalsium    
Besi    
Magnesium    
Fosfor    
Kalium    
Natrium    
Zink    
sumber:wikipedia

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah pare ini tentunya manfaatnya juga banyak sekali untuk kita. lantas Apa saja manfaat buah pare?

MANFAAT BUAH PARE UNTUK DIABETES


Sejak zaman purba buah pare digunakan untuk merawat penderita kencing manis karena terbukti berkhasiat hipoglikemik melalui insulin nabati yang mengurangi kandungan gula dalam darah dan air kencing dan sangat cocok bagi penderita diabetes untuk menurunkan kadar berlebihnya.

Selain itu  kemampuan bioaktif yang terdapat pada biji sayuran pare sehingga mampu mencegah adanya peningkatan gula darah setelah makan.
Namun, anda harus tetap mengontrol gula darah ketika mengkonsumsi buah ini. Karena pare bisa membuat penurunan gula darah terlalu rendah.

MENCEGAH SEL KANKER
Dengan kandungan zat leichin nya buah pare mampu mencegah sel kanker dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Terutama bagi wanita yang sangat rentan sekali terhadap kanker seperti kanker serviks dan kanker payudara yang tidak sedikit korbannya.

MEMBANTU PROGRAM DIET

Bagi anda yang sedang menjalankan progam diet, sebaiknya konsumsilah buah ini baik sebagai sayuran, juz atau menu-menu lainnya. Dalam secangkir pare terdapat 16 kalori yang yampu membuat anda mengontrol hawa nafsu makan dan membuat cepat kenyang. Dengan demikian program diet anda akan lancar. Silahkan dicoba.

MEMBERSIHKAN DARAH
Jika anda rutin mengkonsumsi juz pare setiap pagi dan malam, maka darah anda akan bersih karena kandungan zat yang dimiliki pare.


MELEGAKAN PERNAPASAN
Tidak sedikit orang yang terjangkit penyakit ini. Jika anda termasuk salah satunya cobalah untuk mengkonsumsi buah pahit ini, kenapa? Karena rasa pahit pada pare justru membangkitkan sel-sel pengecap pada saluran pernapasan untuk bergerak lebar. Artinya saluran pernapasan menjadi lebih longgar dan sirkulasi udara terjadi dengan lancar.

MENEKAN PERKEMBANGAN VIRUS HIV
siapa yang tidak kenal dengan virus mematikan ini. Jumlah penderitanya semakin hari semakin bertambah dan sayangnya sampai saat ini masih belum ditemukan obatnya. Namun, untuk menekan perkembangan virus Hiv atau setidaknya penderita dapat memperpanjang usianya bisa mencoba menggunakan biji buah pare. Adanya kandungan protein alpha-mocharin atau MAP 30 dalam buah pare dapat membatasi perkembangan HIV. Kabar ini berdasarkan hasil penelitian Universitas New York.


MANFAAT BUAH PARE UNTUK ASAM URAT
Penyakit Asam urat sering diderita oleh lansia. Dan biasanya mereka para orang tua menggunakan buah pare sebagai ramuan atau obat untuk mengobati penyakit ini. Caranya: Belah satu buah pare yang masih mentah dan segar lalu buang bijinya. Setelah itu, cuci bersih dan potong-potong, lalu rebus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan lalu saring dan siap diminum.

MANFAAT BUAH PARE UNTUK KECANTIKAN
Kandungan nutrisi buah pare yang begitu banyak tentu sangat baik untuk kecantikan terutama untuk kesehatan kulit. Bagi anda yang mempunyai kulit wajah berkerut, kusam dan rusak tidak perlu khawatir, cobalah manfaatkan buah pare ini sebagai masker. Masker pare akan membantu mengembalikan kesehatan kulit wajah anda yang rusak karena terkena sinar matahari.

Buah pare juga dapat mencegah infeksi kulit, mencegah penuaan dini dan sekaligus dapat digunakan untuk menyembuhkan luka.

Selain untuk kulit, manfaat buah pare juga bagus untuk kesehatan rambut. Seperti rambut rontok, kasar, bercabang, gatal, beruban, ketombe dll. Caranya hanya dengan mengoleskan jus pare ke rambut anda.