Penemuan Baru: Buaya Tidur Dengan Memejamkan Sebelah Mata

Baru-baru ini, para peneliti dari Australia telah menemukan bahwa hewan reptil ternyata dapat menutup sebelah matanya. Sangat memungkinkan bagi hewan ini untuk tetap terjaga dan waspada terhadap bahaya dan melihat mangsa pada saat tertidur.



Layaknya banyak burung dan beberapa hewan air seperti lumba-lumba dan singa laut, dalam studi tersebut menunjukkan bahwa buaya dapat tidur sejenak dengan menggunakan separuh dari otaknya. Bagian otak yang terjaga akan membuka mata  sedangkan bagian lain yang tertidur membuat mata terpejam.

Penemuan penelitan ini telah diterbitkan di Jurnal Eksperimen Biologi.

Sebagai eksperimen dalam penelitian tersebut para ilmuwan menggunakan buaya muda diletakkan di dalam aquarium yang telah dipasang dengan kamera infrared. Penelitian ini dilakukan hingga beberapa waktu lamanya.

Mereka menemukan bahwa buaya lebih sering membuka sebelah mata ketika ada seseorang yang datang. sedangkan mata sebelahnya masih tertutup/tertidur.

Para peneliti kemudian memindahkan buaya muda tersebut sebuah tempat dimana terdapat kawanan reptil lainnya dan ternyata buaya muda tersebut masih melakukan hal yang sama yaitu membuka satu mata untuk berjaga-jaga.

ini bisa terjadi karena buaya remaja masih rentan terhadap predator dan kelompok sehingga tetap waspada dari datangnya ancaman.

Sementara hewan laut yang menggunakan kemampuan ini adalah untuk memastikan mereka tetap tinggal bersama kelompoknya. Sedangkan burung menggunakan kemampuan menutup mata sebelah disaat tertidur adalah untuk tetap waspada terhadap predator.

Penelitian ini masih terus dikembangkan untuk memastikan gelombang otak buaya disaat tertidur apakah sebagian masih tetap terjaga dan belahan lain sedang tertidur.