Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Mengenai manfaat minyak zaitun ini saya jadi teringat pada kecelakaan kecil yang pernah menimpa saya saat bekerja. Saat itu saya sedang melakukan penyemprotan gulma di ladang jagung. Tanpa saya sadari tangki yang saya gunakan bocor. Akibatnya saya jadi tersiram dengan cairan herbisida tepat di punggung. Karena herbisida yang saya gunakan berbahan aktif paraquat, jadinya sebagian punggung saya seperti terbakar hitam, melepuh, berair dan akhirnya kulitnya terkelupas.

Setelah beberapa hari saya menderita penyakit itu lantas saya diberitahu oleh salah seorang teman untuk mencoba mengolesi luka tersebut dengan minyak zaitun. Awalnya saya kurang begitu yakin dengan minyak ini, masak sih minyak bisa ngobatin luka bakar. Namun, diluar dugaan baru 2 hari saya olesi minyak zaitun itu, luka saya berangsur-angsur membaik dan mengering. Dalam seminggu kulit saya yang seperti terbakar dan terkelupas akibat cairan herbisida bisa sembuh dan normal kembali.

Itulah sekilas tentang manfaat minyak zaitun yang pernah saya rasakan. Disamping itu ternyata masih terdapat manfaat lain yang dapat kita peroleh dari minyak ajaib ini karena mengandung zat-zat yang baik untuk tubuh.

Kandungan nutrisi Minyak Zaitun

Di setiap 100 gram minyak zaitun terdapat sejumlah nilai gizi :

    Energi – 3701 kJ (885 kcal)
    Karbohidrat – 0 g
    Lemak – 100 g.
  • Jenuh (14 g)
  • Tak jenuh tunggal (73 g)
  • Tak jenuh ganda (11 g)
  • Omega-3 lemak  
  • Omega-6 lemak (3,5-21 g)
    Protein – 0 g
    Vitamin E – 14 mg (93% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)
    Vitamin K – 62 mg (59% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)
manfaat-minyak-zaitun

MANFAAT MINYAK ZAITUN UNTUK KECANTIKAN

1. Mengatasi masalah wajah berminyak
Mempunyai wajah yang berminyak terkadang membuat kita kurang percaya diri dan minder. Nah salah satu solusinya mungkin anda dapat menggunakan minyak zaitun. Caranya adalah cukup membuat masker yang terbuat dari campuran minyak zaitun dan bubuk cendana. Kemudian oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu basuh dengan air dingin. Jika dilakukan dengan rutin, insyaallah masalah wajah berminyak dapat teratasi.

2. Mencegah Penuaan dini
Penuaan dini dapat disebabkan karena pengaruh radikal bebas, kulit terlalu lama terkena sinar matahari dan kelembaban tidak stabil. Untuk mencegah dan mengantisipasinya  oleskan minyak zaitun ini secara rutin karena kandungan antioksidan dan vitamin E pada minyak zaitun dapat berfungsi untuk membantu mencegah pengeriputan kulit.

3. Mengangkat kotoran di wajah
Anda yang berjerawat, berkomedo dan berwajah kusam yang disebabkan oleh kotoran-kotoran yang menempel dapat mencoba menggunakan minyak ajaib ini untuk membersihkannya. Caranya: pertama basuh wajah anda dengan air hangat lalu oleskan minyak zaitun dan biarkan selama 5 menit. Kemudidan basuh lagi menggunakan air hangat dan air dingin untuk menutup pori-pori.

Cara ini dapat anda lakukan secara rutin jika memang tuntutan pekerjaan yang mengharuskan wajah terkena sinar matahari langsung dan kotoran yang bisa menempel di wajah.

4. Membuat kulit sehat
Karena manfaat minyak zaitun yang luar biasa, banyak wanita yang memburu minyak ini untuk untuk membantu merawat kecantikan kulit mereka. Bahan-bahan alami yang terkandung dalam minyak ini sangat baik untuk menghaluskan kulit untuk tampak sehat alami.

Minyak zaitun memiliki kandungan utama yaitu vitamin E dan oleic acid, yang keduanya memiliki banyak khasiat untuk kulit. Oleic acid dapat membantu menghaluskan kulit secara efektif, sementara vitamin E membantu meningkatkan elastisitas kulit.

5. Baik untuk Kesehatan Rambut
Selain untuk kecantikan kulit wajah minyak zaitun juga baik untuk rambut. Ekstrak buah zaitun dan madu dipercaya para ahli kecantikan sebagai bahan herbal untuk merawat rambut dari berbagai macam jenis kerusakan. Manfaat minyak zaitu untuk rambut diantaranya dapat mengembangkan rambut, memanjangkan rambut dan merawat rambut rusak.

MANFAAT MINYAK ZAITUN UNTUK KESEHATAN

  1. Kandungan lemak tak jenuh tunggal terdapat pada minyak zaitun dapat mengurangi kadar kolesterol berlebih. Dan produk minyak zaitun dianggap sebagai produk terbaik untuk kesehatan jantung.
  2. Selain untuk kecantikan kandungan antioksidan yang terdapat pada minyak zaitun juga diyakini dapat mencegah penyakit jantung.
  3. Dengan rajin mengkonsumsi minyak zaitun dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan seperti sembelit.
  4. Dapat mengobati penyakit wasir dengan cara: Siapkan satu sendok makan minyak zaitun kemudian dicampur dengan bubuk habbatussauda secukupnya. Aduk pelan-pelan hingga rata dan minum 3 kali sehari selama seminggu.
Itulah beberapa manfaat minyak zaitun yang sangat berguna bagi kecantikan dan kesehatan kita. Sebenarnya masih banyak manfaat manfaat lain yang terkandung dalam minyak ini. Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan  minyak ini pasti lebih banyak tahu efek dan khasiatnya.