Tips Aman Internetan

Saat ini internet seakan sudah menjadi kebutuhan oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Dengan internet kita bisa mendapatkan informasi, bersosialisasi dengan orang-orang di seluruh dunia, dan bahkan dengan memanfaatkan internet orang-orang bisa mendapatkan penghasilan.

Namun, anda juga perlu hati-hati saat berinternetan, karena tidak sedikit juga orang-orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan internet untuk melakukan tindakan kejahatan, seperti tindakan phising yang dilakukan para scammer yang mencuri data-data para pengguna internet. Oleh karena itu sudah seharusnya anda harus berinternetan dengan aman.

Agar tetap bisa berinternetan dengan aman anda bisa melakukan tips-tips seperti di bawah ini.

1. Gunakan Antivirus
Virus yang masuk ke komputer anda bisa menyebabkan banyak masalah. Virus tersebut bisa menyebabkan komputer menjadi lambat atau bahkan komputer menjadi rusak dan tidak bisa digunakan sama sekali. Yah, tidak sedikit para penjahat internet menggunakan virus untuk melancarkan aksi mereka. Ketika sebuah virus sudah masuk ke komputer, maka dengan mudah mereka mengambil data-data pribadi kita seperti identitas, nama, password, kartu kredit, dan lain-lain.

Oleh karena itu, sebaiknya anda menggunakan ativirus dan terupdate. Saat ini sudah banyak beredar antivirus yang ampuh baik buatan anak negeri maupun luar seperti Kaspersky, F-secure, Bitfender, Norton, Nod32, Avast, Smadav, dan lain-lain.

2. Hati-hati Klik Link di Email

Serangan para hacker juga bisa dilakukan dengan mengirimkan link di email kita. Mereka menawarkan sesuatu yang didalamnya terdapat link (tautan). Pada saat anda klik link dan menuju ke situs buatan mereka dan mengikuti perintah-perintah yang ada di dalam situs seperti melakukan pendaftara, klik ini klik itu dsb, secara tidak langsung komputer anda akan disusupi oleh mereka. Oleh karena itu perhatikan baik-baik setiap email yang masuk, baca dengan seksama, jika memang tidak penting maka segera hapus saja.

3. Jangan Mudah Tertarik Dengan Yang Gratis
Meskipun saat ini banyak sekali konten-konten gratis yang beredar di internet seperti ebook gratis, ringtone gratis, laporan kartu kredit gratis dll. Para hacker juga memanfaatkan barang-barang gratis ini untuk aksi mereka. Biasanya ketika anda tertarik untuk ngeklik barang gratis ini, anda akan diminta untuk memasukkan email. Nah setelah itu, para hacker akan beraksi untuk menyerbu email anda dengan menirimkan email-email sampah.

4. Jangan Berikan Password Anda
Password adalah aset rahasia kita dalam berinternet. Sebisa mungkin jangan berikan password anda kepada siapapun juga baik di dunia nyata maupun maya. Jika password sudah diketahui orang lain, maka tidak menutup kemungkinan pasword tersebut digunakan untuk hal-hal yang tidak kita inginkan.

5. Selalu Update Antivirus
Setiap hari virus-virus baru selalu bermunculan. Para pembuat virus selalu berusaha untuk mencari celah agar dapat menembus pertahanan antivirus yang terpasang di komputer. Oleh karenanya kita juga harus selalu menjaga antivirus agar selalu uptodate agar virus-virus baru yang tercipta tidak bisa masuk ke komputer kita.

6. Hati-Hati Memasukkan Data Pribadi Ke Situs yang Tidak Aman
Kadangkala memang banyak pengguna internet memasukkan data-data pribadi secara asal-asalan ke situs-situs yang kurang terepercaya karena tertarik dengan sesuatu. Padahal tidak sedikit situs-situs tersebut hanya bertujuan untuk mencari informasi data pribadi dari pengguna internet untuk mereka manfaatkan ke hal-hal yang merugikan.
Tanda sebuah situs yang aman ketika meminta informasi pribadi seperti nama, alamat, kartu kredit, no. rekening dll, biasanya pada url nya menggunakan https://

Mungkin beberapa tips di atas dapat anda gunakan agar bisa berinternetan dengan Aman. Semoga membantu.