Inilah 20 Manfaat Buat Alpukat Untuk Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan diantaranya dapat mengobati penyakit osteoarthritis, mengontrol berat badan (diet), memberi perlindangan dari serangan jantung, baik untuk penderita diabetes, dan dapat membantu tubuh untuk menyerap nutrisi. Selain itu, buah alpukat juga bermanfaat untuk mengurangi resiko penyakit kanker, kerusakan hati, menjaga kesehatan mata, melindungi kulit terhadap tanda-tanda penuaan dari efek sinar ultraviolet, membantu mengontrol kadar gula darah, dan memiliki sifat antioksidan. Kandungan vitamin K dalam buah alpukat juga sangat efisien untuk mengatasi pendarahan. Manfaat  buah alpukat lainnya dapat meningkatkan kemampuan kognitif serta baik untuk menguatkan tulang.

Menurut studi penelitian terbaru, buah alpukat dapat digunakan untuk pengobatan diabetes, kondisi peradangan, hipertensi dan dapat meningkatkan hiperkolesterolemia. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi alpukat dapat meningkatkan kualitas asupan makanan dan asupan nutrisi serta dapat menurunkan resiko sindrom metabotik.

KANDUNGAN NUTRISI BUAH ALPUKAT

 

Buah alpukat memiliki kandungan asam lemak tinggi namun sangat rendah kolesterol. Banyak orang yang beranggapan bahwa buah alpukat mengandung kalori tinggi sehingga dapat menambah berat badan, padahal kalori dalam buah ini sangatlah kecil jika dibandingkan dengan mentega dan makanan berkalori tinggi lainnya. Kandungan lemak buah ini juga berasal dari sumber yang unik seperti pitosterol yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Buah alpukat kaya dengan kalium dan mampu menyeimbangkan kadar kalium terhadap natrium yang sangat penting untuk kesehatan. Menurut California Avocado Comission, sebuah alpukat berukuran sedang mengandung hampir 22,5 gram lemak. Dua pertiga dari lemak ini adalah jenis lemak tak jenuh dan sangat rendah fruktosa. Kandungan penting lainnya dari buah alpukat adalah senyawa organik seperti pitosterol, karotenoid dan flavonoid.

manfaat buah alpukat

 

MANFAAT BUAH ALPUKAT

Baca Manfaat Buah Lainnya:
Alpukat mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Buah ini dikemas dengan banyak nutrisi dan dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi. Alpukat sangat baik juga jika dimakan mentah. Beberapa manfaat buah alpukat yaitu:

Baik untuk pencernaan: Buah alpukat dipercaya sangat baik untuk usus karena dapat membantu pencernaan. Buah ini mengandung serat larut dan tidak larut yang dapat membantu menjaga sistem pencernaan agar berjalan dengan lancar. Kedua serat ini sangat penting karena dapat membantu usus halus mencerna makanan melalui saluran usus. Selain itu kedua serat tersebut juga dapat merangsang lambung dan pencernaan agar nutrisi terserap dengan cepat dan efisien. Oleh karena itu, buah alpukat dapat mengurangi gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.

Mencegah bau mulut: Dengan mengkonsumsi buah alpukat dapat membantu mencegah bau mulut yang disebabkan oleh gangguan pencernaan atau sakit perut. Halitosis dapat dihilangkan dengan meningkatkan kesehatan pencernaan. Flavonoid antibakteri dan anti oksidan yang terdapat dalam buah alpukat juga dapat membunuh bakteri yang ada di mulut yang dapat menyebabkan bau mulut. Buah ini juga dapat mencegah kanker mulut.

Manfaat buah Alpukat untuk Kulit dan Rambut: Buah alpukat dikemas dengan nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit seperti mencegah kulit kering, pecah-pecah dan rusak. Berbagai produk kosmetik seringkali menambahkan buah alpukat ke dalamnya karena buah ini mempunyai vitamin yang dapat membuat kulit cerah.

Buah alpukat juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut kering dan rusak. Sudah banyak orang yang menggunakan buah alpukat untuk masker kulit dan rambut. Minyak alpukat juga dapat membantu mengobati psoriasis plak. Betakarotend an likopen adalah senyawa organik yang terdapat dalam buah alpukat yang dapat meningkatkan kesehatan kulit dan warna kulit serta menghilangkan tanda-tanda penuaan dini.

Menjaga Kesehatan Hati: Manfaat buah alpukat juga dapat digunakan untuk mengurangi kerusakan pada hati. Buah ini memiliki senyawa organik tertentu yang mampu membantu dalam meningkatkan kesehatan hati. Kerusakan hati biasanya disebabkan oleh Hepatitis C. TEmuan terbaru dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa alpukat sangat berperan dalam mengencangkan dan melindungi hati dari berbagai kondisi.

Menjaga Mata tetap Sehat: Alpukat dapat juga membantu untuk menjaga mata agar tetap sehat karena mengandung karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin yang mampu melindungi mata terhadap katarak, penyakit mata yang berkaitan dengna usia, dan degenerasi makula. Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh radikal bebas yang menumpuk dalam jaringan mata. Aktifitas antioksidan dan karotenoid yang khusus menetralkan efek radikal bebas yang berbahaya.

Manfaat buah alpukat untuk jantung: Beta sitosterol, yang ditemukan dalam buah alpukat dapat membantu menjaga kadar kolesterol sehat. Studi penelitian menunjukkan bahwa asupan alpukat dapat meningkatkan sifat antiatherogenic kolesterol HDL yang dapat membantu melindungi jantung dari ateorsklerosis atau juga dikenal sebagai penyakit pembuluh darah arteriosclrotic. Kadar kalium alpukat yang signifikan juga dapat memerangi hipertensi. Kalium adalah vasodilator yang dapat merenggangkan ketegangan pembuluh darah dan arteri sehingga kemungkinan besar dapat mengurangi pembekuan, serangan jantung dan stroke.

Menjaga kesehatan Ginjal: Asupan makanan memainkan peran penting untuk menjaga keseimbangan mineral dan cairan bagi mereka penderita gangguan ginjal kronis. Kalium adalah salah satu mineral yang dapat membantu menjaga detak jantung normal. Alpukat merupakan sumber potasium yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Kadar kalium ini juga penting agar tidak telalu tinggi yang dapat berbahaya bagi jantung. Kalium adalah aspek kunci untuk menjaga keseimbangan cairan melalui saluran kimia untuk sel dan organ. Keseimbangan cairan juga sangat penting untuk fungsi ginjal yang dapat mengatasi pergerakan cairan dan racun melalui tubuh.

Kekurangan Vitamin K: Kekurangan vitamin K mungkin tidak umum tapi ini sering terlihat dalam perawatan neonatal. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan gangguan pendarahan terutama pada ibu hamil. Para ibu hamil hendaknya memperhatikan asupan vitamin K yang cukup agar tetap sehat. Konsumsilah buah alpukat karena memiliki kadar vitamin K yang tinggi yaitu sekitar 40% dari asupan gizi harian.

Mengobati Arthritis: Buah alpukat mengandung sifat anti-inflamasi karena kandugan nutrisiny seperti phytochemical, flavonoid, karotenoid, fitosterol, alkohol lemak, dan asam lemak omega-3. Alpukat adalah salah satu makanan yang dapat mengurangi peradangan pada jaringan, sendi, dan otot. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan sering mengkonsumsi alpukat dapat mengurangi sakit karena arthritis.

Mencegah penyakit kanker: Manfaat kesehatan dari buah alpukat diantaranya adalah dapat mencegah resiko kanker seperti kanker payudara dan kanker prostat. Alpukat mengandung karotenoid dan lemak tak jenuh tunggal yang keduanya berkontribusi ada penurunan kanker secara signifikan. Alpukat juga mengandung Glutathione, antioksidan yang melindngi sel-sel dari kanker dan efek berbahaya dari radikal bebas. Daftar senyawa dan anti-inflamasi dalam alpukat juga sangat baik untuk melawan kanker.

Antioksidan: Buah alpukat mengandung vitamin C dan E yang dapat membantu meningkatkan sifat antioksidan tubuh manusia. VItamin C mendaur ulang vitamin E dan membantu mengurangi oksidasi kolesterol LDL. Alpukat juga mengandung oksidan seperti epicatechin, violaxantin, neochrome, dan lain-lain. Antiksidan dapat mentralisir efek radikal bebas yang merupakan sumber metabolisme sel berbahaya. Antioksidan tersebut sangat penting untuk tubuh karena dapat mencegah datangnya penyakit berbahaya seperti kanker, serangan jantng, masalah penglihatan, penuaan dini, gangguan kognitif dan lain sebagainya.

Menjaga kulit sehat: Alpukat mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat menjaga kulit tetap sehat. Karotenoid yang terdapat dalam buah alpukat sangat berperana aktif untuk mengurangai peradangan karena sinar UV pada kulit akibat paparan sinar matahari terbenam. Minyak alpukat juga dapat melindungi kulit terhadap kerusakan kulit yang terbakar.

Membantu Diet: Selain olahraga yang teratur, mengkonsumsi makanan sehat seperti alpukat juga sangat penting untuk kesuksesan menurunkan berat badan. Alpukat adalah buah-buahan yang memberikan nilai gizi untuk tubuh yang baik untuk mengendalikan berat badan.

Anti-Aging: Manfaat buah alpukat juga sangat baik untuk mencegah penuaan dini. Buah ini mengandung senyawa seperti xantofil yang memiliki sifat antioksidan. Studi penelitian menunjukkan bahwa asupan xantofil dapat menurunkan tanda-tanda proses penuaan pada berbagai bagian tubuh.

Menyehatkan Tulang: Alpukat mengandung karotenoid seperti zeaxanthin dan lutein yang dapat bermanfaat untuk menurunkan resiko cacat tulang rawan (gejala osteorarthritis). Adupan makana seperti alpukat dan kedelai dapat membantu menurunkan resiko osteoarthritis. selain itu, kadar mineral penting dalam buah alpukat seperti seng, fosfor, tembaga, kalsium dan selenium dapat membantu menurunkan osteoporosis dan perbaikan kepadatan tulang.

Membantu penyerapan nutrisi: Alpukat sangat baik jika dimakan bersama dengan buah-buahan dan sayuran lainnya. Karena nutrisi dalam buah-buahan dan sayuran dapat ditingkatkan jika dimakan secara bersamaan dengan alpukat. Penyerapan molekul antioksidan karotenoid yang membantu melindungi tubuh terhadap kerusakan radikal bebas, dapat meningkat tiga kali hingga lima kali ketika dimakan bersama dengan alpukat.


Manfaat alpukat untuk penderita diabetes: Manfaat yang satu ini didapat dari ekstrak daun alpukat yang baik untuk penderita diabetes. Sebuah studi yang dilakukan pada tikus non-diabetes dan diabetes menunjukkan bahwa ekstrak daun alpukat dapat membantu dalam menurunkan kadar glukosa darah. Untuk pasien diabetes sendiri, metabolisme makanan berbasis tepung menjadi gula sederhana seperti glukosa dapat berbahaya. Serat dalam alpukat juga dapat memperlambat pemecahan makana menjadi gula, sehingga dapat diserap oleh tubuh dengan seimbang.

Manfaat buah alpukat untuk atlet: Seorang atlit pastinya membutuhkan banyak energi oleh karenanya harus mepertahankan nutrisi yang optimal sebagai bahan bakar tubuhnya. Buah alpukat mampu memberikan nutrisi penting untuk para atlit untuk mempertahankan tingkat energi yang diperlukan dan baik untuk menjaga kesehatan. selain itu, buah ini juga mengandung phytochemical yang merupakan sumber bahan bakar alami untuk tubuh.