Khasiat Minyak Kelapa Untuk Jerawat

Jerawat telah menjadi masalah yang sering menjadi keluhan bagi banyak orang baik remaja maupun orang dewasa. Jerawat memang tidak mengancam nyawa, tapi sangat mengganggu penampilan. Mempunyai penyakit jerawat akan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dan minder. Sehingga mereka berlomba-lomba memakai berbagai macam obat maupun kosmetik dari yang murah sampai yang mahal untuk mengatasi penyakit ini.  Namun tidak sedikit juga yang gagal bahkan jerawat di wajah jadi bertambah banyak.

Salah satu solusi yang perlu anda coba untuk menjaga kulit agar terbebas dari jerawat secara alami tanpa efek samping yaitu dengan menggunakan minyak kelapa.

Sebelumnya perlu anda ketahui dulu apa yang menyebabkan jerawat. Jerawat disebabkan oleh infeksi pada bukaan kelenjar sebum. Kelenjar pada kulit ini mengeluarkan berbagai minyak agar wajah tetap lembab dan mencegah dari kulit kering dan pecah. Ketika kelenjar ini tersumbat oleh bakteri dan obstruksi resultan pada sekresi sebum maka terjadi peradangan, kemerahan, pembengkakan dan nyeri atau kita sebut dengan Jerawat.

Lalu, mengapa jerawat banyak di derita oleh kalangan remaja? Karena pada masa remaja terjadi perubahan hormon tertentu yang menyebabkan produksi sebum meningkat dan membuat kulit menjadi berminyak. Peningkatan sebum ini dapat menyebabkan jerawat. Namun kebanyakan remaja yang mempunyai jerawat menggunakan sabun dan lotion tanpa pandang bulu untuk menghilangkan jerawat ini yang justru bisa mengikis pelindung asam anti mikroba yang membuat pori-pori terbuka dan mudah terserang infeksi. Pori-pori yang terinfeksi oleh bakteri dan kotoran dapat menghalangi kelenjar sebum. Kelenjar ini kemudian mengirimkan sebum ke permukaan kulit bawah yang menyebabkan kemerahan, bengkak dan tentu sangat menjengkelkan.

Lantas, apa sih kegunaan minyak kelapa untuk melindungi wajah dari jerawat? Apa saja kandungannya?

KANDUNGAN MINYAK KELAPA UNTUK MENCEGAH JERAWAT


Asam Lemak
Minyak kelapa adalah sumber anti-mikroba paling kuat yang terdapat dalam makanan. Terdapat dua antimikroba dalam minyak kelapa ini yaitu Asam Capric dan Asam Lauric. Kedua asam ini sama dengan yang terdapat dalam ASI yang berfungsi melindungi bayi yang baru lahir dari infeksi. Saat minyak kelapa dioleskan, beberapa mikroba yang baik hadir untuk mengubah asam inimenjadi Monocaprin dan Monolaurin yang dapat mengganti lapisan asam pelindung pada kulit yang hilang.

Vitamin E
Minyak kelapa merupakan sumber vitamin E yang baik. Tentunya vitamin ini sangat berguna untuk membuat kulit anda tetap sehat. Vitamin E juga menjaga berfungsinya kelenjar sebum serta membersihkan kelenjar dari penyumbatan.

Anti Inflamantory
Salah satu kelebihan dari minyak kelapa ini adalah dapat mengurangi rasa sakit dan mengurangi peradangan pada jerawat. Minyak ini juga sangat mudah berpentrasi dengan kulit sehingga bisa membantu menyembuhkan luka dan jerawat yang parah. Selain itu, minyak ini juga dapat meningkatkan metabolisme yang dapat berpengaruh pada sekresi dan keseimbangan hormon sehingga daapt membatasi kemungkinan berkembangnya jerawat, mempercepat penyembuhan dan perbaikan sel kulit yang rusak.

Penggunaan:
Untuk mencegah jerawat dengan minyak kelapa bisa langsung dioleskan pada kulit. Untuk pencegahan secara internal minyak kelapa dapat dikonsumsi 2-5 sendok makan per hari bisa ditambahkan pada makanan atau diminum langsung karena rasanya juga enak.