-->

Inilah 10 Manfaat Kunyit Yang Baik Untuk Tubuh

Manfaat kunyit untuk kesehatan sudah terkenal sejak dahulu kala. Para orang tua dulu sudah mengenal manfaat kunyit dalam kehidupan sehari-hari mereka baik untuk bumbu masak maupun ramuan tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit. Hingga kini pun kunyit masih digunakan sebagai bahan untuk obat. Sering juga kita temui ibu-ibu penjual jamu gendong, meracik ramuan dari kunyit untuk menjaga stamina dan vitalitas.

Beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan diantaranya dapat meyembuhkan luka, melindungi kemampuan kogntif, meringankan kesulitan menstruasi, mengurangi peradangan, menghilangkan depresi, mengurangi rasa sakit, memperlambat proses-penuaan, melindungi saluran pencernaan dan mencegah kanker.

Meskipun belum diketahui secara tepat dari mana asal tanaman rimpang ini, namun diyakini kunyit sejak lama digunakan oleh masyarakat Asia Selatan dan Asia Tenggara seperti India dan Malaysia. Di negara ini kunyit telah dibudidayakan lebih dari 5000 tahun yang lalu. Awalnya kunyit digunakan sebagai pewarna, lalu digunakan untuk keperluan memasak dan kosmetik. Pada akhirnya semakin lama semakin berkembang hingga menyebar ke hampir seluruh dunia.

KANDUNGAN NUTRISI KUNYIT
Dalam 100g kunyit terdapat:

Principle Nutrient Value Percentage of RDA
Energy 354 Kcal 17%
Carbohydrates 64.9 g 50%
Protein 7.83 g 14%
Total Fat 9.88 g 33%
Cholesterol 0 mg 0%
Dietary Fiber 21 g 52.5%
Vitamins
Folates 39 µg 10%
Niacin 5.140 mg 32%
Pyridoxine 1.80 mg 138%
Riboflavin 0.233 mg 18%
Vitamin A 0 IU 0%
Vitamin C 25.9 mg 43%
Vitamin E 3.10 mg 21%
Vitamin K 13.4 µg 11%
Electrolytes
Sodium 38 mg 2.5%
Potassium 2525 mg 54%
Minerals
Calcium 183 mg 18%
Copper 603 µg 67%
Iron 41.42 mg 517%
Magnesium 193 mg 48%
Manganese 7.83 mg 340%
Phosphorus 268 mg 38%
Zinc 4.35 mg 39.5%

Sumber: USDA National Nutrient data base

10 MANFAAT KUNYIT UNTUK KESEHATAN


1. Mengatasi Masalah Pencernaan
Manfaat kunyit telah lama dikenal dapat mengobati berbagai macam masalah penyakit perut seperti sembelit, kram dan sindrom iritasi usus besar. Kurkumin yang terkandung dalam kunyit berperan aktif dalam menjaga usus dari berbagai penyakit seperti pendarahan di perut dan menghilangkan iritasi pada usus. Kunyit juga sering digunakan untuk pasien yang menderita penyakit inflamasi usus dan bahkan penyakit yang lebih serius seperti Crohn. Kandungan serat makanan yang terdapat dalam kunyit juga dapat membantu untuk melancarkan proses pencernaan.

2. Mengatasi Masalah Menstruasi
Jika anda mengalami masalah dengan menstruasi seperti kram, kembung, nyeri haid, pendarahan yang belebihan, masalah dengan suasana hati seperti bad mood, kunyit bisa menjadi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Sinfat anti-inflamasi dalam kunyit dan senyawa herbal alami yang dapat meredakan gejala-gejala tersebut pada saat menstruasi.

3. Mencegah Penyakit Alzheimer
Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu dalam menghambat peradangan dalam otak, sehingga dapat mencegah sekaligus mengobati timbulnya penyakit neuron-degerif, Alzheimer.

4. Mencegah Penyakit Kanker
Kunyit menimbulkan apoptosis, yaitu suatu proses yang memicu penghancuran diri dan penghapusan sel-sel kanker. Sehingga dengan mengkonsumsi kunyit dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker di usus besar, prostat, pankreas, paru-paru dan payudara.

5. Menjaga Kesehatan Mata
Seperti dijelaskan diatas bahwasanya kunyit kaya akan nutrisi penting sehingga dapat membantu dalam melindungi kesehatan mata khususnya katarak yang dapat mengakibatkan kebutaan.

6. Mengobati Sakit Persendian
Sifat anti-inflamasi kurkumin dalam kunyit telah dikenal dapat mengurangi rasa sakit akut pada persendian dan rasa kaku yang disebabkan oleh asam urat.

7. Menjaga Kesehatan Jantung
Kurkumin dan Vitamin B6 dalam kunyit sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Vitamin B6 dapat menghambat produksi homosistein, yang merupakan produk sampingan tubuh negatif yang dapa mengakibatkan kerusakan serius pada dinding sel. Ketika dinding sel ini melemah maka dapat menyebabkan sejumlah komplikasi di jantung, terutama ketika diperparah dengan tekanan darah tinggi. Sedangkan Kurkumin dapat menyeimbangkan kadar kolesterol anda dengan menghilangkan kelebihan LDL (Kolesterol jahat) dari arteri dan pembuluh darah. Tentu saja hal ini dapat membantu untuk mencegah aterosklerosis.

8. Menjaga Kesehatan Hati
Kunyit dan senyawa organik aktif lainnya juga dapat meningkatkan fungsi hati dan mengurangi kadar racun dalam tubuh. Dengan merangsang sistem limfatik dapat dipastikan bahwa racun dihilangkan secara efisien. Sifat antioksidan kunyit merupakan solusi ideal untuk penyakit hati atau toksisitas.

9. Meningkatkan Kemampuan Kognitif
Dalam pengobatan tradisional, kunyit sering digunakan untuk meningkatkan kemampuan koginitif, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan retensi memori. Selain itu kunyit juga diperca dapat melindungi jalur saraf dari stres oksidatif jangka panjang dan penumpukan plak. Sebagai ramuan antioksidan kuat, kuit dapat merangsang saraf dan mencegah degradasi kognitif yang sering diderita seperti Alzheimer dan demensia. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kurkumin sangat efisien dalam membersihkan plak arniloid, yang merupakan indikator utama dari perkembangan Alzheimer.

10. Mengobati Depresi
Kurkumin adalah zat serbaguna, berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa kurkumin memiliki efek yang sama seperti Prozac pada pasien penderita depresi, perubahan suasana hati, kecemasan dan stres.

Manfaat kunyit untuk kesehatan memang banyak namun kita juga harus tetap berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Apabila dikonsumsi secara belebihan dan dalam jumlah yang cukup besar, maka kunyit memiliki efek samping seperti mual, pusing dan diare. 
LihatTutupKomentar