-->

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kubis Untuk Kesehatan

Terdapat banyak sekali manfaat kubis untuk kesehatan. Kubis juga sering digunakan sebagai pengobatan untuk sembelit, sakit maag, sakit kepala, obesitas, gangguan kulit, eksim, sakit kuning, penyakit kudis, rematik, arthritis, gout, gangguan mata, penyakit jantung, penuaan dan penyakit Alzheimer.

Kubis merupakan sayuran berdaun termasuk dalam famili Brassica yang berbentuk bulat atau oval. Tanaman ini mempunyai batin hijau keputihan yang ditutupi dengan daun yang lebar dan keras berwarna hijau gelap. Tanaman ini banyak digunakan sebagai sayuran oleh masyarakat di seluruh dunia. Biasanya sayuran kubis disajikan dalam bentuk matang atau mentah sebagai lalapan.

Kubis kaya akan vitamin C seperti buah jeruk sebagai sumber nutrisi yang penting untuk tubuh. Fungsi vitamin C itu sendiri adalah sebagai antioksidan terbaik, dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan penuaan dini. Oleh karena itu kubis sangat membantu dalam mengobati berbagai macam penyakit seperti bisul, kanker, depresi, meningkatkan kekebalan tubuh, dapat bertahan melawan batuk dan hawa dingin. Selain itu kubis juga dapat mempercepat proses penyembuhan untuk luka dan jaringan rusak, mengatur berfungsinya sistem saraf dengan baik dan mengurangi efek adanya penyakit Alzheimer dan penyakit saraf degenarif lainnya. 

10 MANFAAT KUBIS

Kekurangan Serat

Kekurangan serat dalam tubuh merupakan masalah kesehatan yang serius namun seringkali diabaikan dalam pemeliharaan kesehatan. Kurangnya serat dalam makanan dapat menyebabkan sembelit yang dapat menyebabkan munculnya penyakit yang lain seperti sakit maag, sakit kepala, kanker pencernaan, gangguan pencernaan dan kehilangan nafsu makan. Bahaya kekurangan serat dapat meluas ke penyakit kulit, eksim, penuaan dini dan lain-lain.

Kubis sangat kaya akan serat yang dapat membantu tubuh menahan air dan mempertahankan bulkiness dari makanan ketika bergerak melalui perut. Dengan demikian, kubis merupakan obat yang baik untuk mengatasi kekurangan serat seperti sembelit dan masalah pencernaan yang lain. 

Kekurangan zat sulfur
Sulfur adalah nutrisi yang sangat berguna karena dapat melawan infeksi. Kekurangan sulfur dalam tubuh dapat menyebabkan infeksi mikroba yang mengakibatkan luka lama sembuh. Dengan mengkonsumsi kubis kekurangan sulfur dapat teratasi untuk melawan infeksi pada luka atau bisul.

Pencegahan Kanker
Kubis merupakan anggota dari famili Brassica yang dikenal sebagai sayuran. Salah satu manfaat kubis yang penting untuk kesehatan adalah daya dan kualitas antioksidan-nya yang kuat. Seperti sayuran lainnya juga kubis merupakan penangkal radikal bebas yang merugikan kesehatan seperti kanker dan penyakit jantung.

Kubis juga memiliki sejumlah senyawa antikanker seperti lupeol, sinigrin dan sulforaphane yang dikenal dapat merangsang aktivitas enzim dan menghambat pertumbuhan tumor penyebab kanker. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada wanita Cina telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi sayuran kubis secara teratur dapat menurunkan kanker payudara secara signifikan.

Kesehatan mata
Kubis merupakan sumber yang kaya beta-karoten, begitu banyak orang, terutama karena mereka mendapatkan lebih tua, beralih ke kubis karena kemampuannya untuk mencegah degenerasi makula dan umumnya meningkatkan kesehatan mata yang baik dan keterlambatan pembentukan katarak. Beta-karoten juga telah dikaitkan positif kemungkinan berkurang kanker prostat, yang merupakan bonus tambahan di atas efek anti kanker lainnya kubis!

Berat Badan
Manfaat kubis juga sangat dianjurkan bagi penderita obesitas atau kelebihan berat badan dengan cara yang sehat. Karena kubis merupakan sayuran yang kaya akan nutrisi seperti vitamin, mineral, serat dan nurtrisi lainnya. Dan kubis juga rendah kalori yaitu hanya sekitar 33 kalori saja dalam secangkir kubis yang dimasak. Anda dapat menikmati menu "sop kubis" tanpa rasa takut berat badan anda naik.

Kesehatan Otak
Kubis merupakan sayuran yang sangat baik untuk kesehatan otak karena mengandung Vitamin K dan antosianin yang dapat memberikan dorogan yang kuat untuk fungsi mental dan konsentrasi. Kandungan ini banyak terdapat pada kubis merah. Vitamin K sangat penting dalam produksi sphingolipids, yang menyelubungi daerah sekitar saraf. Pembungkus ini dapat melindungi saraf dari kerusakan dan pembusukan. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi Vitamin K dapat meningkatkan ketahanan dalam melawan degenerasi saraf, penyakit Alzheimer, dan demensia.

Sementara Antioksianin adalah sumber antioksidan yang lebih kuat daripada vitamin C, dan kubis merah memiliki jenis antioksianin yang lebih banyak daripada kubis biasa. Dengan demikian, mengkonsumsi kubis dapat memperbanyak antioksdan yang mampu membantu melawan penyakit, mengurangi kemungkinan kanker, meningkatkan sistem saraf, dan meningkatkan fungsi otak.

Kesehatan Tulang
Seperti pada sayuran lainnya, kubis juga merupakan sumber besar dari mineral seperti kalsium,, magnesium dan kalium. Ketiga mineral penting ini tidak dapat dipisahkan dalam melindungi tulang dari degradasi dan penyakit seperti osteoporosis dan melemahnya tulang.

Tekanan Darah
Manfaat kubis juga sangat baik bagi anda penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi yang dapat menimbulkan resiko serangan jantung dan stroke, karena kandungan kalium dalam kubis vasodilator yang dapat membuka pembuluh darah dan menyebabkan aliran darah. Sehingga darah yang mengalir tidak dipaksa dengan cara rangsangan stres melalui arteri mengerut dan vena.

Perawatan kulit dan Penuaan Dini
Seperti yang telah disebutkan diatas, bahwa kubis kaya akan sumber antioksidan yang berbeda seperti vitamin C, Antosianin, sulfur dan sumber-sumber lainnya. Antioksidan merupakan peran utama dalam kesehatan kulit dan perbaikan tubuh dalam menanggapi proses penuaan. Radikal bebas merupakan sumber penyebab kulit keriput, perubahan warna kulit, bintik bintik dan lainnya. Oleh karena itu, antioksidan yang diperoleh dari mengkonsumsi kubis dapat membantu dalam mengatasi masalah penuaan dini dan dapat membuat anda terlihat lebih sehat dan awet muda.

Menetralisir Racun
Manfaat kubis juga dapat berperan untuk memurnikan darah dan menghilangkan racun. Radikal bebas merupakan sumber utama dari rematik, asam urat, rematik, batu ginjal, penyakit kulit, dan eksim. Efek detoksifikasi kubis disebabkan karena tingginya vitamin C dan sulfur dalam kubis.


LihatTutupKomentar