-->

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Manfaat daun sirih sudah sangat populer di kalangan masyarakat sejak dahulu. Secara medis daun sirih dapat bermanfaat sebagai antioksidan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan daya konsentrasi, meringankan sembelit, meningkatkan sistem pencernaan, mengurangi nyeri lambung, meningkatkan kesehatan mulut, baik untuk pernapasan dan lain-lain yang akan kami jelaskan di bawah.

Sirih adalah tanaman merambat yang dapat mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan, berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Sirih mempunyai berdaun tunggal yang berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Bunga sirih berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung berbentuk bulat panjang.

Dalam 100 gram daun sirih mengandung protein 3,1%, mineral 2,3%, serat 2,3% dan karbohidrat 6,1%. Mineal dan vitamin berisi kalsium, karoten, tiamin, riboflavin, niasin, dan Vitamin C. Sedangkan nilai kalorinya sekitar 44.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa daun sirih mengandung tanin, gula dan diastasis dan minyak esensial. Minyak esensial adalah cairan kuning muda yang mempunyai aroma khas. Minyak ini berisi fenol yang disebut chavicol yang memiliki sifat antiseptik yang kuat. 
manfaat daun sirih untuk kesehatan

14 MANFAAT DAUN SIRIH


1. Analgesik
Daun sirih adalah analgesik yang dapat meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh luka, memar, ruam, inflamasi, gangguan pencernaan, sembelit dll. Untuk pengobatan luar, daun sirih ditumbuk halus lalu ditempelkan pada daerah yang sakit. Sedangkan untuk pengobatan dalam daun sirih dapat dibuat juz.

2. Meringankan Sembelit
Daun sirih mengandung antioksidan yang kuat untuk menangkal radikal bebas dari tubuh. Dengan demikian daun sirih dapat mengembalikan tingkat PH normal perut sehingga rasa sakit bisa reda. Untuk pengobatannya anda bisa mengunyah daun sirih atau meminum juz sirih pada saat perut kosong selama masa sakit sembelit. Cara lain: cincang daun sirih dan masukkan ke dalam air lalu diamkan selama semalam dan minumlah air tersebut saat perut kosong.

3. Meningkatkan Sistem Pencernaan
Manfaat daun sirih sangat baik untuk pencernaan. Daun sirih memiliki sifat anti kembung dan pelindung pada saluran gastro ketika anda mengunyah daun sirih setelah makan. Minyak esensial yang terdapat dalam daun ini dapat memijat perut untuk membantu dalam sekresi asam pencernaan dan cairan lambung.

Untuk anak-anak yang mengalami gangguan pencernaan, rebus daun sirih dengan sedikit merica di dalam air. Lalu saring dan berikan dua sendok teh ramuan ini dua kali sehari untuk penyembuhan.

Dengan demikian daun sirih dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini dapat memicu sirkulasi dan merangsang usus untuk menyerap mineal penting dan nutrisi. Sehingga sfingter yang mendapat stimulasi dari daun sirih dapat menghapus limbah atau kotoran dalam perut dengan baik.

4. Menjaga Kesehatan Mulut
Manfaat daun sirih juga sangat baik untuk mulut. Daun ini dapat membantu untuk menyegarkan nafas, melindungi terhadap kuman, bakteri dan patogen mulut lain yang berada di dalam mulut. Dengan demikian daun sirih dapat mencegah kerusakan pada gigi, memperkuat gigi dan gusi dan mencegah pendarahan di mulut.

5. Mengobati Masalah Pernafasan
Daun sirih sangat baik untuk mengobati pernapasan dan dapat mengobatu batuk dingin. Selain itu daun sirih juga baik untuk penderita paru-paru dan asma. Jika anda mempunyai masalah pernapasan seperti diatas cobalah membuat ramuan herbal daun sirih caranya: Rebus beberapa daun sirih dengan kapulaga, cengkeh, kemukus dan kayu manis dengan dua gelas air. Rebus bahan-bahan tersebut hingga tersisa 1 gelas air lalu saring dan minum ramuan ini tiga kali sehari.

6. Mengobati Sakit Batuk
Daun sirih juga sangat bermanfaat untuk mengobati batuk terus menerus atau batuk menahun. Antibiotik daun sirih bekerja untuk memudahkan dahak dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh batuk tersebut. Cara membuat ramuannya: Sirih direbus dalam air lalu tambahkan cengkeh dan kapulaga. Minum 3 kali sehari ramuan sirih tersebut untuk pengobatan.

7. Sebagai Antiseptik
Manfaat daun sirih juga bisa digunakan sebagai antiseptik karena kaya akan polifenol. Jadi daun ini bisa memberikan perlindungan ganda dari kuman. Kandungan polifenol tersebut juga bisa digunakan untuk mengobati peradangan seperti arthritis dan orchitis.

8. Mengobati Sakit Punggung dan Otot Tegang
Daun sirih adalah obat yang baik untuk penderita sakit punggung atau pinggang. Sebuah tapal panas yang terbuat dari daun sirih atu jus dicampur dengan kelapa halus lalu diterapkan pada pinggang dapat membantu meringankan sakit pinggang. Selain itu, memijat punggung dengan minyak daun sirih juga dapat meringankan rasa sakit pada punggung, otot tegang, memar dan bengkak.

9. Meningkatkan Kewaspadaan
Jika anda merasa lesu atau saraf terasa lelah, anda bisa menggunakan daun sirih untuk mengatasinya. Minumlah satu sendok teh jus daun sirih yang dicampur dengan madu dua kali sehari. Ramuan ini dipercaya dapat meningkatkan fungsi mental dan memperkuat kewaspadaan.

10. Mengobati Sakit Kepala
Daun sirih juga sangat efektif untuk menyembuhkan sakit kepala karena memiliki analgesik. Cobalah letakkan daun sirih di dahi atau dapat juga menggunakan minyak daun sirih untuk mengobati sakit kepala.

11. Membersihkan Jerawat dan Gangguan Kulit Lainnya
Manfaat daun sirih sangat baik untuk merawat kulit terutama untuk membersihkan jerawat, flek hitam pada wajah. Selain itu daun sirih juga bisa mengobati beberapa gangguan kulit seperti ulserasi kulit, alergi, gatal-gatal, dan bau badan.

12. Membersihkan Area Kewanitaan
Nampaknya manfaat daun sirih yang ini sudah banyak orang yang tahu melihat produk-produk pembersih area kewanitaan yang menggunakan ekstrak daun sirih sudah banyak beredar di pasaran. Ekstrak daun sirih dapat mengobati gatal-gatal dan keputihan pada area kewanitaan.

13. Mencegah Bau Badan
Daun sirih dapat membantu anda untuk mencegah bau badan. Pada saat mandi, Anda dapat memberikan daun sirih pada bak mandi anda untuk tetap segar sepanjang hari. Anda juga bisa minum ramuan yang terbuat dari beberapa lembar daun sirih yang direndam dalam air mendidih lalu tambahkan gula putih ke dalamnya. Ini juga dapat mencegah bau badan yang tak sedap pada wanita pada saat menstruasi.

14. Mengobati Mimisan
Daun sirih juga bisa digunakan untuk mengobati mimisan. Penyakit ini biasanya terjadi pada anak-anak yang bermain di luar ruangan di bawah terik mentari. Daun sirih dapat membantu untuk menghentikan aliran darah.

Itulah beberapa manfaat daun sirih yang dapat kita gunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit. 
LihatTutupKomentar