-->

Alat Pengering Benih Untuk Tanaman Holtikultura

Mengeringkan produk hortikultura untuk perbenihan dengan menggunakan mesin pengering belum banyak digunakan dan sangat terbatas penggunaannya karena teknologi pengeringan dengan mesin saat itu masih jarang. Namun saat ini tersebut sudah tidak sulit lagi dilakukan, karena Kementerian Pertanian telah membuat mesin pengering benih tipe lorong untuk produksi hortikultura. Alat pengering benih merupakan hasil penelitian dan rekayasa Badan Litbang Pertanian melalui Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian.

Alat pengering benih tipe lorong selain digunakan untuk mengeringkan biji tanaman hortikultura untuk perbenihan, juga dapat untuk mengawetkan hasil produk hortikultura dan diversifikasi produk. Mesin pengering benih tipe lorong yang berdimensi 1 meter x 0,8 mater x 0,5 meter dan terbuat dari stainless steel serta mempunyai kapasitas penampungan bahan untuk dikeringkan sampai 20 kg dalam satu kali proses dengan lama pengeringan 4 – 8 jam ini. Alat pengering benih juga bertujuan untuk memberikan solusi pembenihan dari biji tanaman hortikultura (cabai dan bawang merah) secara cepat, tepat dan efisien.

Salah satu Keunggulan dari mesin ini adalah dapat mengeringkan biji kapsul bunga bawang merah. Memberikan perlakuan yang baik untuk biji hortikultura untuk pembenihan, sehingga dapat memberikan hasil pertumbuhan tanaman hortikultura yang baik pula. 

sumber: http://www.litbang.pertanian.go.id/berita/one/3153/
LihatTutupKomentar