Cara Mengusir Dan Mencegah Datangnya Nyamuk Secara Alami

cara-mengusir-nyamuk
Meskipun tubuhnya kecil, nyamuk sangat berbaaya bagi manusia. Hisapannya bisa mengakibatkan penyakit seperti malaria dan demam berdarah. Tidak sedikit nyawa melayang akibat penyakit demam berdarah karena gigitan nyamuk. Kita tentu tidak ingin menjadi salah satu korban keganasan nyamuk bukan? Oleh karenanya sudah seharusnya kita berusaha untuk mencegah habitatnya berkembang biak dengan cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Selain pencegahan kita juga dapat menggunakan berbagai macam cara mengusir nyamuk jika memang nyamuk sudah merajalela di lingkungan sekitar.

Saat ini memang banyak produk produk kimiawi untuk mengusir nyamuk seperti anti nyamuk bakar, lotion, dan anti nyamuk semprot. Cara mengusir nyamuk dengan bahan kimia tersebut memang ampuh, namun bukan berarti tidak membawa efek negatif.

Tahukah anda bahwa bahan kimia yang berupa racun insektisida yang terkandung dalam obat nyamuk tersebut jika terus menerus terhirup akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Oleh karenanya sebaiknya kita coba  cara mengusir nyamuk secara alami. Selain menghemat biaya juga cara ini terbukti ampuh untuk mengusir nyamuk.

CARA MENGUSIR NYAMUK SECARA ALAMI

Bahan-bahan untuk Mengusir nyamuk secara alami tentunya sangat mudah didapatkan karena sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun caranya sebagai berikut:

1. Menggunakan Minyak Serai
Minyak serai ini bisa didapatkan di Apotik terdekat. Biasanya minyak ini digunakan untuk mengoles bayi setelah mandi.
Anda juga bisa membuat minyak serai sendiri dengan cara: Haluskan daun serai yang dicampur dengan air menggunakan blender dan diamkan selama 12 jam, kemudian saring daun serai yang dihaluskan tadi sehingga mendapat cairan serai.
Untuk aplikasinya percikkan minyak serai ke bagian ruangan tempat banyak dihinggapi nyamuk.
Dan nyamuk akan pergi karena tidak suka dengan aroma minyak serai.

2. Bawang putih
Selain sebagai salah satu bumbu masak, ternyata bawang putih juga efektif untuk mengusir nyamuk.
caranya Haluskan bawang putih dengan cara diparut atau diulek kemudian oleskan pada kulit. Niscaya nyamuk tidak akan berani mendekati anda.

3. Kemangi
Tanaman yang baisanya saya gunakan sebagai bahan sambal ini, ternyata ampuh juga untuk mengusir nyamuk. Ya kemangi mengandung senyawa alami yang cukup menyengat. aromanya yang khas dari kemangi tidak disukai oleh nyamuk. Caranya cukup anda tebarkan beberapa potong kemangi di ruangan anda.

4. Minyak Lavender dan Ragi
Campuran dari kedua bahan ini merupakan cara ampuh mengusir nyamuk. Caranya yaitu siapkan minyak lavender yang dapat dibeli di toko obat terdekat lalu larutkan minyak lavender ini dengan air sekitar 10% dan beri tambahan ragi secukupnya. Kemudian letakkan larutan tersebut di ruangan yang banyak nyamuknya dengan kondisi tetap terbuka sehingga aromanya tetap menyengat.

5. Kulit Jeruk
Sehabis makan jeruk, coba manfaatkan kulitnya untuk mengusir nyamuk. Karena aroma kulit jeruk ini sangat tidak disukai oleh nyamuk. Kelihatannya memang remeh, tapi cara mengusir nyamuk dengan kulit jeruk ini sangat efektif.

6. Kulit Nanas
Semua pasti sudah tahu, bahwa aroma khas dari nanas  sangat menyengat, untuk penciuman manusia aroma nanas adalah aroma lezat, namun bagi nyamuk aroma nanas justru sangat mengganggu penciumannya, sehingga binatang ini tidak suka dengan aroma kulit nanas. Oleh karenanya, manfaatkan kulit nanas ini untuk mengusir nyamuk. Caranya cukup anda taruh kulit nanas tersebut dalam ember yang berisi air dan letakkan di tempat yang banyak nyamuknya.

7. Usir Nyamuk dengan botol bekas
Botol bekas minuman juga bisa dijadikan alat untuk usir nyamuk. begini caranya:
Alat dan Bahan
- Siapkan botol bekas minuman ukuran 500 ml 1 buah
- gula merah
- Ragi
- Air
- Gunting
Caranya membuatnya: Potong botol ukuran 3/4 bagian, lalu masukkan gula merah sebanyak 1/4 cangkir minuman ukuran sedang, ragi 1/4 cangkir minuman ukuran sedang.
Larutkan terlebih dahulu gula merah dengan air hangat kemudian taburkan ragi diatasnya. tidak usah diaduk.
Setelah itu, potongan botol bagian atas dipasang terbalik ke potongan botol yang berisi larutan tersebut.
Aroma gula yang bercampur ragi akan memancing nyamuk masuk ke dalam botol dan tidak bisa keluar lagi.

lebih jelasnya silahkan lihat video berikut ini:

cara-cara mengusir nyamuk diatas adalah cara alami dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Cara ini adalah cara aman untuk mengusir nyamuk daripada menggunakan pestisida atau obat nyamuk yang bisa saja dapat merugikan kesehatan kita.

CARA MENCEGAH NYAMUK


Kata pepatah mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Nah, begitu juga dengan kehadiran nyamuk ini, sebisa mungkin harus dicegah untuk masuk ke dalam rumah.

Pada dasarnya nyamuk itu suka pada daerah yang lembab,genangan air, tempat kumuh dan kotor. Untuk mencegah datangnya nyamuk harus diperhatikan kebersihan lingkungan sekitar baik di dalam rumah atau diluar rumah.

Berikut ini beberapa tips untuk mencegah nyamuk.
  1. Perhatikan sirkulasi udara rumah anda. Usahakan setiap ruangan mendapatkan sirkulasi udara yang baik terutama kamar. Biasakan membuka jendela pada siang hari agar udara dalam ruangan tidak lembab, karena nyamuk suka sekali dengan tempat-tempat yang lembab.
  2. Baju kotor yang menumpuk biasanya digunakan oleh nyamuk untuk bersembunyi. Oleh karenanya jangan biarkan menumpuk. Baju yang digantung juga bisa berpotensi menjadi tempat nyamuk bersembunyi.
  3. Jangan lupa selalu menutup lemari pakaian. Hal ini untuk menghindari nyamuk masuk dan bersarang di dalamnya.
  4. Tanam tanaman yang dibenci nyamuk seperti bunga lavender, geranium, dan zodia. Letakkan tanaman tersebut di dekat pintu masuk, jendela dan atau area taman.
  5. Jika di sekitar rumah anda terdapat pohon atau taman, rajin-rajinlah membersihkan daun kering yang gugur. Karena jika musim hujan datang, sampah tersebut akan menampung air dan pastinya nyamuk sangat senang berada disitu untuk berkembangbiak.
  6. Ciptakan suasana rumah yang terang, sejuk, yang tidak disukai oleh nyamuk
  7. Bersihkan tempat-tempat penampungan air yang ada di dalam rumah, minimal seminggu sekali.
Itulah berbagai macam cara mengusir nyamuk secara alami dan cara mencegah nyamuk masuk ke rumah kita. Gunakan cara-cara diatas agar kita bebas dari gigitan nyamuk yang berbahaya.

Semoga bermanfaat.