-->

Solusi Install Dapodik 2020 Error "Vcruntime140.dll is missing"

Anda yang sedang membaca artikel ini mungkin mempunyai nasib yang sama dengan saya. Kemarin saya diminta bantuan oleh istri untuk install dapodik 2020 di komputernya karena do'i seorang Operator di sebuah sekolah di desa saya. Dia mencoba install sendiri tak pernah berhasil, begitu juga dengan teman-teman OPS lainnya.

Tak disangka, Otak saya dibuat pusing juga gara-gara install aplikasi ini karena selalu gagal dan error.


Kesana kemari mencari solusi sampe seharian belum juga ketemu. Berbagai macam cara telah dicoba seperti yang dijelaskan oleh beberapa artikel di blog-blog yang membahas masalah ini. Mulai dari install vcredist terbaru, install ulang windows sampai update windows yang memakan kuota 1GB lebih hasilnya tetap nihil, masih muncul lagi "vcruntime140.dll is missing" yang diikuti oleh pesan-pesan error lainnya sehingga installan tidak sempurna dan dapodik pun tak bisa dibuka.



Ketika hampir menyerah dan putus asa, secara tak sengaja saya menemukan cara yang saya dapat dari si mbah.

Penyebab utama ketika menginstall dapodik 2020 muncul pesan "vcruntime140.dll is missing" adalah dalam system windows tidak terdapat file tersebut. Terkhusus buat pengguna windows 7 yang baru diinstall ulang seperti komputer yang saya pakai. Saya menggunakan OS Windows 7 X64.

Lalu bagaimana caranya? Ternyata simple aja.

1. Jika anda sebelumnya sudah menginstall dapodik 2020 tapi gagal, uninstall dulu lalu restart.
2. Download file "vcruntime140.dll" disini.
3. Extract dan Copy file tersebut di folder C:/WIndows/Syswow64
4. Install kembali dapodik 2020

Ini adalah solusi yang saya pakai untuk menginstall Dapodik 2020 dan alhamdulillah berhasil. Pusing hilang istri pun senang. :-D

Jika anda tertarik memakai cara ini silahkan dicoba, siapa tahu anda juga berhasil. Karena banyak faktor yang membuat error atau gagal ketika menginstall Dapodik 2020.

Jika masih gagal, silahkan browsing lagi.



LihatTutupKomentar