Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

manfaat-daun-kelor
Sebelumnya saya tidak menyangka bahwa daun kelor yang sering dimasak oleh ibu saya ini ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Setahu saya dulu, kata orang tua salah satu manfaat daun kelor itu biasanya dipergunakan sebagai alat untuk melumpuhkan seseorang yang mempunyai kesaktian. Hanya mitos sih sebenarnya. Bener ndaknya saya gak tahu. Tapi kali ini kita bahas manfaat daun kelor dari sisi ilmiah saja ya. :D

Di daerah saya, Kabupaten Sumbawa, sepertinya pohon kelor ada dimana-mana. Karena memang daun kelor adalah salah satu bahan untuk membuat masakan tradisional daerah sini. Selain itu manfaat daun kelor yang sangat banyak membuat kelor banyak ditanam oleh masyarakat. 

Dan kebetulan di kebun belakang rumah juga terdapat banyak sekali pohon kelor yang tumbuh subur. Karena bapak menancapkan pohon ini dulu sebagai pagar. Sehingga saya tidak kerepotan untuk mencari daun kelor untuk dimanfaatkan sebagai sayur atau obat. 

Udah, ndak perlu banyak cingcong, langsung saja saya akan berbagi mengenai khasiat dan manfaat daun kelor yang luar biasa ini. 

Apa itu kelor?
Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini memiliki ketinggian batang 7—11 meter. Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, dapat dibuat sayur atau obat. (wikipedia)

Ciri-ciri kelor
  • Daunnya menyirip dengan ukuran helai daun yang kecil dan membentuk oval telur
  • Batangnya tegak, berwarna putih kotor, kulit tips, permukaan kasar, percabangan simpodial, arah cabang tegak atau miring, cenderung lurus dan memanjang.
  • Daun majemuk, bertangkai panjang, tersusun berseling, beranak daun gasal
  • helai daun muda berwarna hijau muda
  • buah berbentuk panjang bersegi tiga
  • buahnya berwarna hijau saat muda dan berwarna coklat setelah tua
  • bentuk biji bulat berwarna kehitaman
  • akar tunggang, berwarna putih membesar seperti lobak
Kandungan Nutrisi Daun kelor
- Mengandung vitamin C lebih banyak sekitar 7x vitamin C pada jeruk
- Mengandung pottasium
- Mengandung Vitamin A lebih tinggi 4x daripada wortel
- Mengandung Kalsium 4x lebih banyak dari susu

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang ada pada daun kelor ini tentu manfaatnya juga luar biasa. Diantara manfaat daun kelor adalah:

1. Mengatasi Diabetes
Dengan mengkonsumsi daun kelor, akan dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Daun kelor juga dapat dijadikan sebagai insulin alami untuk mengatasi penyakit diabetes ini. Untuk pengobatan Anda bisa membuat ramuan dari daun kelor ini dengan cara merebusnya kemudian airnya diminum. 

2. Menjaga Kesehatan Kulit
Manfaat daun kelor yang satu ini sangat bermanfaat bagi anda yang ingin mempunyai kulit tetap sehat alami. Kandungan vitamin c dan antioksidan yang tinggi, sangat baik untuk kesehatan kulit. Caranya cukup anda rajin mengkonsumsi daun kelor ini sebagai sayur. Oh ya, Daun kelor juga dapat mencegah timbulnya jerawat lho..

3. Menyehatkan Mata
Sudah jelas, kandungan vitamin A pada daun kelor sangat bermanfaat sekali untuk kesehtan mata. Jika rajin mengkonsumsi daun kelor ini maka mata akan selalu dalam keadaan sehat dan jernih.
Selain itu, daun ajaib ini juga bisa dibuat obat untuk sakit mata, caranya bisa dimakan langsung atau basuh mata yang sakit dengan air rebusan daun kelor.

4. Mencegah Kanker
Kanker merupakan penyakit mematikan yang paling ditakuti manusia. Sudah seharusnya kita mencegah penyakit ini sejak dini dengan banyak mengkonsumsi daun kelor. Manfaat daun kelor untuk kanker yaitu dapat memperlambat dan bahkan menghentikan kanker yang ada dalam tubu karena anti oksidan yang terkandung dalam daun kelor sangat tinggi.
Sekarang ini sudah banyak yang membuat ramuan herbal ekstrak dari daun kelor untuk pencegahan kanker.

5. Menurunkan Kolesterol Jahat
Anda pasti sudah tahu bahwa kolesterol berlebih dapat memicu terjangkitnya berbagai penyakit.
Pola makan sehat dan teratur adalah salah satu cara untuk mencegah kolesterol berlebih. Namun anda juga dapat memanfaatkan daun kelor untuk mengontrol kolestrol anda.
Penelitan membuktikan bahwa efek ekstrak daun kelor sebanding dengan atenolol yang bermanfaat untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

6. Obat untuk nyeri, letih, linu
kandungan pterigospermin yang terdapat pada daun kelor dapat mengurangi rasa nyeri. Caranya ambil dua gagang daun kelor dan satu sendok kapur sirih lalu tumbuk sampai halus dan gosokkan pada tubuh yang terasa sakit.

Yah, ternyata banyak juga manfaat daun kelor untuk kesehatan. Tak heran kalau para ilmuwan menyebutnya sebagai "pohon ajaib" karena kandungan nutrisi dan manfaatnya yang luar biasa. Semoga tulisan singkat ini bisa bermanfaat dan dapat menambah selera kita untuk rajin mengkonsumsi daun ajaib ini.