Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat-buah-naga
Manfaat Buah Naga. Buah Naga yang konon nenek moyangnya berasal dari Meksiko, Amerika tengah dan Amerika selatan kini mulai rame dibudidayakan oleh petani Indonesia. Mengingat kondisi iklim indonesia yang mendukung, juga sangat prospek untuk dikembangkan karena tingkat konsumsi masyarakat akan buah naga semakin hari semakin meningkat karena manfaat buah naga yang sangat luar biasa.   

Buah ini kaya akan nutrisi sehingga banyak sekali manfaat buah naga yang baik untuk kesehatan. Uniknya lagi, buah ini juga dianggap membawa berkah bagi orang Cina dan Vietnam sehingga buah ini selalu diletakkan diantara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas patung altar. (wikipedia)

Jenis-Jenis Buah Naga

a. Hylocereus Undatus, buahnya berwarna merah dengan daging buah berwarna putih.
b. Hylocereus Polyrhizus, buahnya berwarna merah muda dengan daging buah berwarna merah.
c. Slenicereus Megalanthus kulit buah berwarna kuning dan dan daging buah berwarna putih.
d. Hylocereus costaricensis, Buah naga dengan warna buah sangat merah.

Dari keempat buah naga tersebut, yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia adalah buah naga merah dan putih. Saya sendiri sedang mencoba budidaya buah ini di kebun belakang rumah. Begitu juga tetangga-tetangga dekat rumah sudah mulai rame menanam buah ini di pekarangan-pekarangan rumah mereka dalam jumlah kecil untuk tanaman hias.

Kandungan Gizi Buah naga

  • Air
  • Protein
  • Lemak
  • Serat/ditery fiber
  • Betakaroten
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Besi
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin C
  • Niasin

Dengan banyaknya kandungan gizi buah naga tersebut tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Oleh karenanya rajin-rajinlah mengkonsumsi buah ini. Rasanya enak kok.

Lantas apa saja manfaat buah naga itu? berikut penjelasannya:

1. Menyembuhkan Kanker
Kandungan vitamin kompleks buah naga terutama buah naga merah mampu membantu menyembukan penyakit kanker. Dan ini sudah direkomendasikan oleh dokter sebagai buah terapi penyembuhan penyakit kanker.

2. Membantu Diet
Buah naga adalah buah yang kaya akan serat dan ini dapat berguna dalam proses pencernaan. Nah hal ini sangat cocok bagi anda yang sedang menjalankan program diet. Kalori buah naga juga sangat rendah sehingga anda bisa mengontrol kalori anda dengan buah ini.

3. Menurunkan Kolesterol
Manfaat buah naga juga dapat membantu mengurangi lemak dalam tubuh karena kandungan asam askorbat dapat mencegah ateriosklrerosis dan menurunkan produk LDL (Lemak Jahat) sehingga tekanan darah dan kolesterol darah tetap normal.

Dalam per 100 gram daging buah naga mengandung serat mencapai 0,7-0,9 gram yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol.

4. Menyembuhkan Diabetes
Rasa manis buah naga tidak berasal dari glukosa, sehingga buah naga dapat membantu untuk menyembuhkan penyakit diabetes yang kini semakin banyak penderitanya.
Selain itu, kandungan vitamin B3 yang terdapat dalam buah naga juga dapat membantu mengurangi kadar gula darah. Dengan sering-sering mengkonsumsi buah naga maka bisa terhindar dari resiko diabetes.

5. Baik untuk Tulang
Kandungan kalsium organik yang terdapat pada buah naga dapat membantu mencegah penyakit osteoroprosis  atau pengapuran tulang. Ya, buah naga juga dapat menjadi alternatif susu untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat.

6. Baik Untuk Kesehatan Mata
Mata adalah organ tubuh yang sangat penting, dan seharusnya kita menjaga kesehatannya agar pandangan tetap cerah dan terang. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi buah naga ini karena dalam buah ini terdapat beta-karoten yang sangat baik untuk kesehatan mata.

7. Mencegah Jerawat
kandungan Vitamin C pada buah naga dapat membantu mencegah munculnya jerawat baik remaja maupun dewasa. caranya dengan menghaluskan buah naga menjadi pasta dan oleskan dua kali sehari pada daerah yang berjerwat dan bilas. Bila anda rutin melakukakannya dijamin wajah anda akan bebas dari jerawat yang kadang membikin kita tidak percaya diri.

8. Menghambat Penuaan Dini
salah satu Manfaat buah naga untuk kecantikan adalah bisa menghambat penuaan dini atau Anti Aging. Karena dalam buah naga terkandung Anti-oksidan yang sangat efetif untuk menangkal radikal bebas penyebab penuaan kulit. Untuk merawat kesehatan kulit, tidak melulu harus dengan membeli kosmetik dengan harga yang mahal, tapi cobalah juga dengan cara alami dengan rajin-rajin mengkonsumsi buah naga.

9. Menjaga Kesehatan Jantung
Penyakit jantung adalah penyakit yang sangat ditakuti oleh orang. Sudah banyak korban akibat penyakit yang mematikan ini. Ya, sejak dini mari kita petik manfaat dari buah naga untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan Vitamin C, B1, B2 dan B3 yang terdapat pada buah naga diyakini dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

10. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Buah naga mengandung Vitamin C, protein, potasium anti oksidan yang tinggi sehingga bisa membantu anda untuk tetap menjaga kesehatan anda. Sangat cocok untuk anda yang gampang sakit. Cobalah untuk rajin mengkonsumsi buah ini.

Itulah beberapa manfaat buah naga. Kandungan nutrisi dan gizi yang terdapat di dalamnya sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk menjadi sehat dan cantik tidak melulu harus mengeluarkan uang banyak untuk membeli produk-produk kesehatan dan kecantikan. Bahan-bahan alami seperti memanfaatkan buah naga ini juga sangat manjur.