Inilah 8 Keajaiban Manfaat Kangkung Bagi Tubuh

manfaat-kangkung
Manfaat Kangkung. Saya gak nyangka kalau manfaat kangkung begitu banyak. Yah, Sayuran yang satu ini merupakan menu yang paling sering disajikan di meja makan. Karena memang kangkung adalah salah satu sayuran yang paling mudah didapat dan harganya boleh dibilang paling murah dari sayur lainnya.

Terdapat dua macam kangkung yaitu kangkung darat (Ipomoea Reptans)dan kangkung air (Ipomoea Aquatica). Kangkung darat memiliki warna hijau terang dengan ujung runcing dan warna bunganya putih. Sedangkan kangkung air warna daunnya cenderung hijau agak gelap dengan ujung membulat tumpul sehingga tampak lebih lebar dan warna bunganya cenderung keunguan.
Perbedaannya lagi adalah kalau kangkung darat cara memanennya adalah dengan cara dicabut sedangkan kangkung air dengan cara dipotong.

Di daerah saya khusunya dusun tercinta jenis kangkung yang paling banyak didapat adalah kangkung air. Apalagi pada saat musim hujan dimana terdapat banyak genangan air, di sungai, di selokan sawah-sawah kangkung mulai tumbuh liar. Entah dulu siapa yang menebar bibitnya. Sehingga masyarakat setempat memanfaatkan kangkung yang tumbuh liar ini untuk dimasak ataupun dijual.

Terdapat banyak sekali manfaat kangkung untuk kesehatan karena mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh manusia. Adapun kandungan nutrisi kangkung antaralain Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, fosfor, zat besi, serat, selenium, asam amino, dan kalsium.

MANFAAT KANGKUNG UNTUK KESEHATAN

1. Mengobati Anemia
Anemia adalah keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin dalam sel darah merah berada di bawah normal. Nah, penyakit ini biasanya akan mengakibatkan tubuh menjadi lemas dan pucat. Bagi anda penderita anemia, sebaiknya banyak-banyak mengkonsumsi sayuran yang murah meriah ini. Karena kangkung kaya akan zat besi yang bermanfaat untuk mengobati anemia. Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama oleh sel-sel darah merah untuk pembentukan hemoglobin.

2. Mengurangi kolesterol
Manfaat kangkung yang ini sangat tepat bagi anda yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol secara alami.

3. Mengatasi Insomnia
Mungkin ada benarnya kalau makan kangkung suka bikin ngantuk. Hal ini karena kangkung juga mengandung unsur sedatif yang bisa membuat orang mengantuk dan tertidur pulas. Mengapa? Karena zat selenium dan zinc yang terkandung dalam sayuran ini bisa membuat syaraf kendur dan rileks. Tentu ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang susah tidur (insomnia).

4. Manfaat Kangkung untuk Penyakit kuning
Penderita penyakit kuning biasanya mengalami kondisi tubuh lemas sekali. Bagi anda yang terkena penyakit ini cobalah ambil manfaat kangkung dengan mengkonsumsinya. Karena kangkung telah lama digunakan dalam pengobatan penyakit kuning dan masalah hati. Ini dibuktikan dengan adanya sebuah penelitian baha ekstrak tanaman ini dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati karena memilki sifat antioksidan.

5. Mengatasi gangguan pencernaan dan sembelit
Serat alami yang dimiliki oleh kangkung dapat mencegah gangguan pencernaan. Sayur ini bisa menjadi semacam pencahar bagi anada yang menderita gangguan pencernaan.

6. Anti Diabetes
Jika anda penderita diabetes, maka seringlah mengkonsumsi kankung secara rutin. Ekstak kangkung dapat memabntu untuk penderita diabetes. Karena zat dalam kangkung bisa menyerap kelebihan gula dalam darah.

7. Manfaat kangkung untuk ibu hamil dan menyusui
Kangkung kaya akan zat besi, dan zat besi ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui. Oleh karenanya sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayuran ini.

8. Mencegah kanker
Sayur kangkung mengandung 13 senyawa antioksidan sehingga sangat efektif untuk mencegah penyakit yang berbahaya ini. Sayur ini juga dikatakan dapat mencegah kanker perut, kanker kulit dan kanker payudara.

Itulah keajaiban dari manfaat kangkung untuk kesehatan. Untuk sehat tidak harus mengluarkan biaya banyak kok, cukup dengan memanfaatkan tumbuhan alami yang ada di sekitar kita. Apalagi bagi anda yang hidup di pedesaan seperti saya tentu sangat mudah untuk mendapatkan bahan bahan alami untuk kesehatan kita.

Semoga bermanfaat.