11 Manfaat Buah Kiwi Yang Menakjubkan

Buah kiwi berasal dari China yang awalnya dikenal dengan nama "Yang Tao". Pada awal abad ke 20 buah kiwi dibawa oleh para misionaris dari china ke Selandia baru. Orang-orang selandia baru sangat senang dengan buah eksotis ini. Mereka menyebutnya dengan Goosberry China.Setelah mengalami beberapa kali pergantian nama, akhirnya buah tersebut dinamakan buah kiwi untuk menghormati burung nasional selandia baru karena penampilannya yang kecil dan berbulu halus menyerupai burung kiwi cokelat yang tidak dapat terbang. Saat ini Italia, Selandia Baru, Prancis, Jepang, Cile dan Amerika Serikat merupakan kontributor utama produksi buah kiwi.

Terdapat berbagai manfaat buah kiwi yang sangat baik untuk kesehatan diantaranya untuk kesehatan pencernaan, membantu pengobatan kanker, insomnia degenerasi makula dan diabetes. Buah kiwi kaya akan flavonoid yang bermanfaat bagi ibu hamil. Buah ini juga baik untuk menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Sifat anti-mikroba yang terdapat dalam buah ini juga diyakini dapat melawan berbagai patogen dan memperkuat pertahanan kekebalan tubuh.

Nutrisi Buah Kiwi

Buah kiwi yang mungil menyimpan banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Kiwi merupakan sumber vitamin C (Asam Askorba, Vitamin A, folat, Vitamin E (alfa-tocopherol) dan vitamin K (phylloquinone). Di dalam buah ini juga mengandung minelar lainnya seperti magnesium, kalsium dan fosfor.

Manfaat buah kiwi




Antioksidan
Sebagai sumber vitamin C buah kiwi mengandung antioksidan yang baik dan lebih kuat untuk tubuh. Kandungan nutrisi ini mampu melindungi DNA yang ada di sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas sehingga dapat mengurangi resiko pengembangan peradangan pada penyakit tertentu.
 
Menjaga kesehatan kardiovaskular
Gangguan kesehatan kardiovaskular dapat mengakibatkan kematian. Buah kiwi dengan kandungan polifenol, vitamin C, vitaminE dan kalium sangat efektif untuk memelihara kesehatan kardiovaskular. Menurut penelitian, dengan mengkonsumsi beberapa buah kiwi setiap hari dapat membantu mengurangi respons agresi platelet atau resiko pembekuan darah. Efek fibronolitik buah pada pembuluh darah dapat mencegah resiko gangguan tromboemboilik dan jantung seperti aterosklerosis.

Mengatasi Insomnia
Pola tidur yang baik dapat menjaga kesehatan dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Sebuah studi menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi buah kiwi dapat membantu dalam meningkatkan efisiensi tidur dan waktu tidur total. Buah ini mengandung sejumlah flavonoid yang baik seperti naringenin, quercitin, rutin, catechin, epicatechin sebagai reseptor untuk mempercepat tidur.

Meningkatkan Penyerapan zat besi
Manfaat lain dari buah kiwi adalah dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Kandungan vitamin C dan fitokimia lainnya seperti lutein dan zeaxanthin dalam buah dapat membantu memperbaiki zat besi dalam tubuh dan mencegah gangguan defisiensi zat besi. Sebuah studi menunjukkan bahwa buah kiwi lebih baik dalam penyerapan zat besi daripada buah pisang.

Baik untuk Mata

Kiwi merupakan sumber fitokimia lutein dan zeaxanthi yang merupakan komponen penting dalam mata manusia. Vitamin A yang terkandung di dalam buah ini dapat membantu melindungi mata dari katarak, degenerasi makula karena usia serta gangguan penglihatan lainnya.


Menjaga Kesehatan Pencernaan
Buah kiwi terbukti sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan karena mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan kesehatan usus. Buah ini juga baik untuk mengatasi sembelit dengan merangsang kinerja usus. Sifat pencahar alami yang terdapat dalam buah kiwi dapat melembutkan tinja. Sebuah studi mengungkapkan bahwa buah kiwi menyimpan enzim aktinidin proteolitik yang baik untuk memperbaiki pencernaan protein dan memperlancar lalu lintas pencernaan melalui sistem pencernaan. Polisakarida yang terdapat dalam buah ini juga dapat membantu mencegah adhesi enteropatogen dan merangsang bakteri probiotik di usus besar.

Baik untuk Ibu Hamil
Bagi ibu hamil dapat mengkonsumsi buah kiwi untuk menjaga kesehatan janin. Buah kiwi mengandung folat yang dapat membantu mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi yang belum lahir dan sangat baik untuk membantu pertumbuhan otak dan kognitifnya. Nutrisi lain yang sangat baik untuk janin adalah Vitamin C, E, dan K yang ada pada buah ini yang berkontribusi untuk menjaga kesehatan dan perkembangan janin dan ibu hamil secara keseluruhan.

Perawatan Kulit
Merawat kesehatan kulit tidak harus dengan kosmetik yang mahal. Manfaatkan buah mungil ini untuk menjaga kesehatan kulit secara alami. Buah ini mengandung Vitamin C yang lebih dari jeruk yang dapat menjaga kulit tetap kencang dan mempercepat penyembuhan luka. Vitamin E yang ada pada buah ini juga dapat membantu mengurangi garis-garis halus serta munculnya keriput pada kulit. Vitamin E juga dapat membantu mengurangi efek berbahaya dari radiasi ultra violet pada kulit. Antioksidannya juga bekerja sebagai agen anti penuaan dini, menceah kulit dari degenerasi dini dan tetap menjaga keremajaan kulit.

Mencegah Kanker
Dalam tradisi rakyat China, buah ini diyakini keampuhannya dalam menyembuhkan berbagai jenis kanker seperti kanker hati, kanker payudara, kanker perut dan kanker paru-paru. Ektrak buah kiwi dapat menghambat proliferasi sel kanker dan melindungi DNA endogen. Cara kerja buah ini dalam melawan kanker yaitu dengan menjadi sitotoksik pada sel kanker ganas tanpa mempengaruhi sel normal. Banyaknya kandungan antioksidan pada buah kiwi dapat membantu dalam pencegahan dan penyembuhan kanker.

Bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh

Manfaat buah kiwi yang tak kalah penting yaitu sangat baik dalam pengaturan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsibuah kiwi dapat membantu memerangi infeksi musiman dan penyakit lainnya. Ekstrak buah kiwi dapat menahan terhadap serangan berbagai patogen seperti Staphylococus aureus dan pyaphes staphyloccous. Buah ini juga dapat mengurangi gejala flu dan gangguan saluran pernapasan.

Diabetes
Buah kiwi memiliki indeks glisemik rendah yang sangat baik untuk penderita diabetes. Ekstrak buah ini juga menunjukkan bahwa dengan menkonsumsinya dapat membantu dalam pengaturan adipogenesis yang sangat penting untuk pencegahan diabetes.

Itulah beberapa manfaat dari buah kiwi, selain rasanya yang lezat juga sangat baik untuk menjaga kesehatan.