Ini Dia 6 Manfaat Buah Asam Untuk Kesehatan

Manfaat buah asam yang telah terbukti dalam berbagai studi diantaranya mampu mengurangi inflamasi di seluruh tubuh, menjaga kesehatan mata, meningkatkan kesehatan pada pernafasan, menyehatkan kulit, menjaga sistem pencernaan tetap sehat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, mengurangi demam, menjaga kesehatan kardiovaskular, mencegah kanker, dan melindungi anak dari parasit dan cacing.

Asam adalah buah lezat yang mempunyai banyak kegunaan baik untuk medikal maupun masakan. Di daerah sumbawa pohon asam adalah pohon yang sangat berharga. Setiap masakan tradisional di daerah tersebut tidak lepas dengan bumbu buah asam, seperti sepat dan singang. Oleh karenanya mereka menjaga baik-baik pohon asam yang tumbuh di daerah ini agar tetap lestari.

Asam mempunyai nama ilmiah Tamarindus Indica. Pohon asam berasal dari daerah tropis Afrika, tepatnya di Sudan, namun budidayanya sejak saat ini menyebar ke hampir semua wilayah tropis di dunia, karena buah ini merupakan sumber gizi, mempunyai rasa yang unik dan sangat berguna. Tanaman ini telah dibudidayakan sejak ribuan tahun yang lalu dan kemungkinan masuk ke Asia sekitar 5000 tahun yang lalu.

Buah asam mempunyai banyak kandungan nutrisi yang sangat berguna untuk kesehatan antara lain: Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B, Kalsium, zat besi, fosfor, potassium, mangan dan kaya akan serat. Terdapat juga beberapa senyawa organik yang membuat buah asam menjadi antioksidan yang kuat dan zat anti inflamasi.

MANFAAT BUAH ASAM


1. Mencegah Anemia

Asam adalah sumber zat besi yang sangat baik, dalam satu porsi buah asam cukup untuk memenuhi 10% kebutuhan zat besi harian anda. Pasokan zat besi yang sehat di tubuh menjamin sejumlah sel darah merah yang tepat di tubuh yang memastikan oksigenisasi yang tepat dari otot dan organ berbeda yang membutuhkan oksigen agar berfungsi dengan baik. Tentu anda tahu bahwa kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anemia, yang ditandai dengan tubuh merasa lemah, lelah, sakit kepala, gangguan kognitif dan masalah perut.

2. Memperbaiki fungsi saraf

Salah satu unsur penting yang terdapat dalam buah asam adalah vitamin B komplek. Tiamin, merupakan kandungan yang terdapat dalam buah asam dalam jumlah tinggi yang berfungsi memperbaiki fungsi saraf serta pengembangan otot yang membantu tubuh tetap aktif, refleksif dan kuat.


3. Menjaga Kesehatan Jantung

Studi telah menunjukkan bahwa asam jawa dapat bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah dan kolesterol darah. Hal ini diyakini dengan adanya kandungan serat yang terdapat pada buah ini. Serat tersebut mampu membuang kolesterol LDL berlebih dari pembuluh darah dan arteri. Kandungna kalium dalam buah asam juga dapat berfungsi untuk menurunkan tekanan darah karena zat ini dikenal sebagai vassodilator yang berguna untuk mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular. Vitamin C dalam buah ini juga dapat bermanfaat untuk mengurangi dampak radikal bebas karena Vitamin ini adalah senyawa antioksidan.


4. Menurunkan Berat Badan

Salah satu senyawa unik yang ditemukan dalam buah asam ketika digunakan sebagai bumbu yaitu Hydroxycitric (HCA). HCA dapat berguna untuk menurunkan berat badan karena telah terbukti dapat menghambat enzim dalam tubuh yang secara khusus membantu menyimpan lemak. Selain itu, asam juga dapat berguna untuk menekan nafsu makan dengan meningkatkan serotonin neurotransmitter. Saat ini penelitian tentang buah asam yang berguna sebagai suplemen penurun berat badan masih terus berlangsung.

5. Anti-Inflamasi

Minyak esensial asam jawa telah dikaitkan dengan sejumlah kemampuan anti-inflamasi, termasuk pengurangan nyeri sendi dan pembengkakan, radang sendi, kondisi rematik, dan asam urat. Hal ini juga mengurangi iritasi mata. Salah satu bentuk yang paling umum adalah konjungtivitis, juga dikenal sebagai mata merah muda. Asam telah menunjukkan kemampuan menenangkan dan antiinflamasi yang pasti, dan oleh karena itu digunakan dalam banyak pengobatan herbal untuk peradangan.

6. Sistem kekebalan 


Kadar vitamin C yang tinggi, serta efek antioksidan lainnya pada minyak esensial membuat asam menjadi buah yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan memastikan kesehatan jangka panjang dari infeksi mikroba dan jamur. Buah ini juga mampu mengurangi terjadinya parasit di dalam tubuh karena efek antiseptik dan antimikrobanya. Secara khusus dikaitkan dengan menghilangkan cacing perut pada anak-anak di daerah tropis dimana asam asam diusahakan.