Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Buah Pisang

Manfaat buah pisang untuk kesehatan diantaranya dapat membantu menurunkan berat badan, mengurangi obesitas, menyembuhkan gangguan usus, mengobati sembelit, disentri, anemia, tberkulosis, artritis, gangguan ginjal, gangguan kemih, masalah haid dan dapat pula menyembuhkan luka bakar. Pisang juga baik untuk mengurangi tekanan darah, baik untuk kesehatan jantung, mengatasi gangguan metabolisme, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, baik untuk mata, serta dapat menguatkan tulang.

Untuk mengkonsumsi pisang harus dalam keadaan masak baik dimakan langsung atau dibuat dalam bentuk makanan lainnya seperti juz. Sebaiknya jangan memakan pisang yang mentah karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang parah.

Kandungan Nutrisi Pisang

Banyak sekali manfaat pisang untuk kesehatan tubuh kita karena buang pisang kaya akan vitamin, mineral dan senyawa organik. Buah pisang merupakan salah satu pilihan buah yang sehat untuk dikonsumsi dari tahun ke tahun karena kaya akan kandungan nutrisi diantaranya Vitamin C, Vitamin B6, riboflavin, folat, asam pantotenat, niacin dan sejumlah vitamin lainnya. Sedangkan untuk kandungan mineralnya seperti kalium, mangan, magnesium dan tembaga. Pisang juga merupakan sumber makanan yang mengandung serat dan protein.

Manfaat Buah Pisang

Adapun manfaat pisang untuk kesehatan diantaranya:

Menurunkan Berat Badan dan Obesitas
Buah pisang sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan dan Obesitas karena dalam satu buah pisang mempunyai 90 kalori. Selain mengandung banyak serat buah pisang juga sangat mudah untuk dicerna dan tidak mengandung lemak. Sehingga bagi penderita kelebihan berat badan tidak harus makan terlalu banyak kalori jika mengkonsumsi buah pisang, karena perut akan terasa kenyang. Kandungan serat yang ada dalam buah pisang ini tidak akan membuat orang merasa lapar dengan pelepasan hormon ghrelin. Hal ini tentu akan mengurangi makan yang berlebihan sehingga kesehatan tetap terjaga serta dapat membantu untuk menurunkan berat badan secara alami.

Memperkuat Tulang
Manfaat buah pisang juga sangat baik kesehatan tulang sehingga tulang tetap kuat. Karena fructooligosaccharide yang merupakan prebiotik dan probiotik, bakteri yang menguntungkan dalam saluran pencernaan akan meningkatkan asupan mineral dan nutrisi oleh tubuh. Sedangkan fungsi pisang itu sendiri dapat meningkatkan asupan penyerapan kalsium. Kalsium adalah salah satu unsur yang penting dalam produksi dan pertumbuhan tulang dalam tubuh sehingga sangat memungkinkan untuk mengurangi osteoporosis dan kelemahan alami yang umumnya terjadi akibat penuaan.

Mengobati Artritis dan Asam Urat
Berbagai senyawa dalam pisang adalah anti inflamasiyang dapat berguna untuk mengurangi pembengkakan, peradangan dan iritasi dari berbagai kondisi seperti artritis dan asam urat. Biasanya penderita asam urat adalah para orang tua atau orang yang melakukan diet yang buruk dan tidak sehat.

Menaikkan Berat Badan

Selain menurunkan berat badan ternyata pisang juga dapat menaikkan berat badan. Jika kita rajin mengkonsumsinya dengan susu, maka akan dapat membantu menaikkan berat badan. Susu menyediakan protein yang diperlukan oleh tubuh sedangkan pisang menyediakan gula. Karena pisang sangat mudah dicerna kita dapat memakan buah pisang 5-6 buah dalam sehari selain makanan biasa tanpa dicerna. Ini dapat menambahkan 500-600 kalori yang diperlukan untuk menaikkan berat badan.

Mengatasi Sembelit
Bagi anda yang mengalami susah buang air besar atau sembelit cobalah untuk mengkonsumsi pisang karena salah satu manfaat buah pisang adalah untuk mengobati sembelit dan gangguan usus lainnya. Pisang dapat membantu mendorong kotoran yang susah keluar. Serat yang terkandung dalam buah pisang dapat membantuk merangsang gerak peristaltik tubuh yang membantuk menindahkan gerakan usus melalui saluran usus. Hal ini tentu dapat mengurangi kondisi pencernaan yang tidak sehat.

Gangguan Ginjal
Manfaat buah pisang juga sangat berguna untuk mengurangi bahaya penyakit ginjal. Kalium berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh yang dapat membantu meringankan tekanan pada ginjal dan juga mendorong untuk buang air kecil. Hali ini tentu dapat membantu untuk menjaga racun yang terakumulasi dalam tubuh dan mempercepat pengeluaran racun-racun tersebut melalui frekuensi dan volume buang air kecil. Selain itu, polifenol, senyawa antioksidan dalam buah pisang yang dapat berdampak positif terhadap fungsi ginjal dan akumulasi racun serta dapat merangsang berfungsinya ginjal.

Baik Untuk Kesehatan Mata
Sebagaimana buah-buah yang lainnya, pisang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Dengan senyawa antioksidan dan karotenoid serta campuran yang tepat dari mineral yang terdapat dalam pisang sangat membantu untuk meningkatkan kesehatan mata. Juga dapat mencegah dari berbagai macam penyakit mata seperti Katarak, rabun senja, dan gaukoma.

Melindungi Jantung
Pisang merupakan buah yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Karena pisang merupakan sumber kalium yang dapat berguna untuk mengurangi tekanan darah. Ketika arteri dan vena dapat bekerja dengan relaks maka darah dapat mengalir lebih lancar dan dapat mengoksidasi berbagai organ tubuh untuk meningkatkan kinerja organ tersebut. Hal ini dapat membantu menghilangkan aterosklerosis dan stroke yang berujung pada serangan jantung.

Mengatasi Anemia
Manfaat buah pisang juga baik untuk penderita anemia karena pisang mengandung kadar zat besi yang tinggi. Zat besi merupakan bagian penting dari sel darah merah, jika kekurangan maka akan mengalami anemia.

Itulah beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan. Jagalah kesehatan anda selalu dengan rajin-rajin mengkonsumsi buah pisang. Karena buah ini mudah didapat, sediakan selalu buah pisang di rumah anda untuk dikonsumsi oleh seluruh keluarga. Semoga bermanfaat!