-->

Manfaat Daun Salam Untuk Tubuh

Beberapa manfaat daun salam yang penting untuk kesehatan antara lain sebagai detoksifikasi tubuh, dapat memperlambat proses penuaan, mempercepat penyembuhan luka, melindungi tubuh dari infeksi bakteri, mengelola diabetes, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi peradangan, meringankan masalah pernafasan, mengoptimalkan pencernaan, dan mencegah beberapa jenis kanker.

Salam tumbuh liar di hutan dan pegunungan atau ditanam di pearangan sekitar rumah. Tanaman ini dapat ditemukan di dataran rendah maupun dataran tinggi. Pohon bertaju rimbun, tinggi dapat mencapai 25 m, berakar tunggang, batang bulat, permukaan licin. Salam ditanam sebagai bumbu dapur, kulit pohonnya dipakai sebagai bahan pewarna jala atau anyaman bambu.

Terdapat berbagai jenis tanaman yang daunnya disebt sebagai "daun salam" tetapi daun salam yang benar secara ilmiah dikenal dengan nama "Laurus nobilis dan daun inilah yang kaya akan nutrisi. Banyak daun lainnya yang memiliki bentuk dan aroma yang sama tetapi kandungan gizinya tidak sama dengan daun salam asli.
manfaat daun salam

MANFAAT DAUN SALAM

Kesehatan Penceranaan
Manfaat daun salam sangat baik untuk sistem pencernaan seperti dapat merangsang buang air kecil sebagai deuretik, menurunkan toksisitas tubuh, juga dapat merangsang muntah ketika mengkonsumsi makanan beracun. Selain itu, senyawa organik yang ditemukan dalam daun salam sangat efektuf untuk mengatasi sakit perut, menenagkan sidrom iritasi usus dan mengurangi gejala penyakit Celiac.

Baca Juga : Kandungan nutrisi dan Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Pernapasan
Daun salam juga bisa digunakan untuk orang yang mengalami gangguan pernapasan dengan minyak astiri yang terkandung dalam daun salam dicampur dalam salep dan diterapkan di dada untuk meringankan kondisi pernapasan. Menghirup uap daun salam juga memiliki efek mirip dengan aromaterapi yang dapat melonggarkan dahak dan pernapasan karena kualitas yang baik dari anti bakteri alaminya.

Kesehatan Rambut
Jika anda ingin rambut sehat dan bebas ketombe anda bisa menggunakan daun salam dengan cara menggosokkan rendam daun salam dalam air dan gosokkan pada kulit kepala setelah keramas. Bahan kimia dan bahan yang mudah menguap dalam daun salam dapat membantu untuk menghilangkan kulit kering dan ketombe.

Anti-Inflamasi
Salah satu manfaaat daun salam yang penting adalah kemampuan daun ini untuk mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Daun salam mengandung phytonutrisi agak unik, yang disebut parthenolide yang dapat dengan cepat mengurangi peradangan dan iritasi ketika topikal diterapkan pada daerah yang terkena seperti nyeri sendir atau daerah yang terkena arthritis. Efek ini juga bisa didapat dengan mengkonsumsi daun salam sebagai bumbu masak.

Kesehatan Jantung
Rutin dan Asam caffeic adalah senyawa organik dalam daun salam yang efektif untuk meningkatkan kesehatan jantung. Rutin dapat berfungsi untuk memperkuat dinding kapiler di jantung dan ekstremitas tubuh, sedangkan asam caffeic dapat membantu menghilangkan kolesterol jahat dari sistem kardiovaskular.

Mencegah Kanker
Kombinasi unik dan antioksidan dan senyawa organik lainnya di dalam daun salam seperti fitonutrien, catechin, linalool, dan parthenolide dapat membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan sel-sel sehat untuk bermutasi menjadi sel-sel kanker. Manfaat daun salam sangat efektif untuk mencegah penyakit ini.

Kegelisahan dan stres
Salah satu manfaat daun salam yang paling dikenal adalah dapat menenangkan pikiran. Linalool sering dikaitkan dengan thyme dan basil yang terdapat dalam daun salam dapat membantu untuk menurunkan tingkat hormon stres dalam tubuh terutama bila digunakan dalam aromaterapi. Hormon stres yang berlibihan dapat berbahaya bagi kesehatan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, daun salam sangat efektif untuk membantu anda menenangkan diri dan tetap santai, bebas dari rasa cemas yang berlebihan.

Menurunkan resiko Diabetes
Daun salam juga dapat berfungsi sebagai reseptor insulin peningkatan dan mengatur gula darah. Untuk pasien beresiko diabetes atau yang sudah menderita penyakit ini dapat mengkonsumsi daun salam secara teratur untuk menurunkan resiko diabetes tersebut.

Itulah beberapa manfaat daun salam untuk kesehatan. Namun anda juga harus berhati-hati untuk dapat menentukan daun salam yang benar karena banyak sekali daun yang mirip dengan daun ini dan bahkan ada juga yang beracun. 
LihatTutupKomentar