-->

Membuat Blog di Blogspot

Pelajaran pertama yang saya dapatkan dari belajar ngeblog ini adalah bagaimana membuat blog. Sebelum membuat blog terlebih dahulu kita harus mendaftar di salah satu layanan pembuat blog seperti blogspot, wordpress, dan lain-lain. Karena pengetahuan saya yang sempit kali ini saya akan membuat tutorial bagaimana membuat blog di blogspot. Sebenarnya saat membuat blog ini saya ingin merekam, berhubung panyakit lupa saya kambuh lagi jadi saya harus buat akun baru lagi untuk agar tutorialnya bisa dipahami. 


1. Membuat akun di blogspot
Buka www.blogspot.com untuk membuat akun. Setelah itu akan tampil seperti gambar di bawah ini:
 
Klik menu “Buat Blog” maka akan muncul halaman formulir seperti di bawah ini: 

Isilah formulir pendaftaran tersebut.
-    Alamat email : masukkan email yang anda punya
-    Ketik ulang email: ketikkan ulang email yang anda masukkan di form pertama tadi
-    Masukkan sebuah password: masukkan password (kata kunci) yang mudah anda ingat
-    Ketik ulang sandi: ketikan lagi password yang telah anda buat tadi
-    Nama tampilan : tulis nama tampilan yang akan anda pakai di blog anda
-    Verivikasi kata: tulislah kata yang berada di verivikasi kata
-    Centang tulisan Saya menerima Persyaratan dan Layanan
-    Kemudian klik LANJUTKAN

2.    Memberi nama blog
Setelah itu anda akan masuk pada halaman untuk menamai blog dan membuat alamat blog anda.
  • Isi kolom judul blog dengan judul yang anda inginkan. Judul ini nanti akan tampil pada header blog anda.
  • Isi alamat blog sesuai dengan keinginan, tetapi cek dulu ketersediaan alamat yang anda ketikkan. Kalau gagal biasanya sudah dipakai oleh pengguna lain. Carilah alamat yang belum terpakai.
  • Setelah itu klik LANJUTKAN
3.    Pada halaman ketiga ini anda akan disuguhi beberapa macam template standar bawaan blogspot. Silahkan pilih template sesuai dengan selera anda. Namun jika anda kurang puas dengan template default ini, anda bisa mencari di google dengan mengetikkan kata kunci “blogger template, template blogspot,” dan lain-lain. Disitu anda akan lebih banyak menemukan model template yang banyak sekali.


4.    Setelah memilih template/tampilan wajah blog, klik LANJUTKAN, maka selesailah sudah pendaftaran di blogspot. Tinggal klik MULAI BLOGGING, anda akan langsung dibawa ke halaman tempat memposting artikel anda.
Inilah sekelumit pengalaman yang saya peroleh saat pertama kali membuat akun di blogspot. Tentunya sobat-sobat sudah tahu semua, tapi untuk menghindari penyakit lupa saya.. sengaja saya posting cara-cara membuat blog ini. Kalaupun nanti bisa dipergunakan oleh orang yang belum tahu, maka saya sangat bersyukur sekali bisa membantu.
LihatTutupKomentar