28 March, 2010

Lebah Pelacak

by : Ozym 28 March, 2010

Salah satu hewan yang sangat membantu petugas keamanan ketika melakukan operasi adalah anjing pelacak. Karena hewan ini mempunyai daya penciuman yang kuat. Namun sebenarnya tidak hanya anjing pelacak saja yang bisa mengemban tugas untuk mengendus jejak para penjahat. Para ilmuwan inggris telah menemukan sesuatu yang baru untuk membantu pekerjaan petugas keamanan ini, yaitu Lebah. Biasanya yang digunakan adalah lebah madu.

Ternyata lebah juga mempunyai indra penciuman yang baik layaknya anjing pelacak. Lebah mampu mencium bahan peledak dan sejenisnya. Tapi membutuhkan waktu untuk melatihnya. Setiap kelompok lebah diberi paparan berbagai bau yang berbeda, dan diberi penghargaan berupa tetesan sirup ketika mereka berhasil menemukan target yang tengah dicari. Selama beberapa jam, kelompok lebah-lebah tersebut belajar berasosiasi dengan penghargaan yang akan mereka dapat saat berhasil menemukan sumber bau.

Setelah dilatih lebah ini dimasukkan kedalam kotak yang bernama Vasor. Kotak ini  mampu menerjemahkan tanggapan dari lebah yang terlatih ke hasil elektronik. Biasanya lebah ini digunakan pada keamanan tempat-tempat umum seperti bandara, stasiun, terminal dll. untuk melacak para penjahat yang membawa bahan peledak. Entah di indonesia sudah ada apa belum ya..? :D

Namun sayangnya, biasanya mereka dapat bekerja hanya dua hari saja. Setelah itu mereka akan kembali pada alamnya. Jadi setelah 2 hari harus cari lebah baru lagi dah..

Benar-benar hebat lebah ini, sudah menghasilkan madu yang bermanfaat untuk manusia, masih juga bisa membantu pekerjaan polisi. Kagum deh sama si lebah.. sungguh Tuhan menciptakan makhluknya tiada yang sia-sia.





Bookmark and Share

55 comments:

Edwin's Personal Blog on March 28, 2010 at 6:44 AM said...

Subhanallah, kekuasaan Allah ada di mana-mana...

Sou Stalker on March 28, 2010 at 7:34 AM said...

Halo sobat ! met pagi ! hehehe,blognya udah saya follow,,jadi tinggal loncat kalau ada posting baru !
met weekend ya.

irul on March 28, 2010 at 9:15 AM said...

memang betul lebah sangat bermanfaat bagi kita..

NURA on March 28, 2010 at 10:07 AM said...

salam sobat
wah hebat lebah ya,,bisa melacak penjahat yang mmbawa bahan peledak.
salam kenal jug mas.

Ratasoe on March 28, 2010 at 12:06 PM said...

Wah br tau ane sob, :-o..tdk ada yg sia2 tuhan menciptakan mahklukx pasti ada manfaatx..bner ga sob? ;-)..trims ya

ozym on March 28, 2010 at 1:53 PM said...

@Edwin's Personal Blog:Yups, ini adalah salah satu bukti kekuasaan Allah..
@Sou Stalker: makasih ya mas..
@irul: Yups, lebah sangat bermanfaat banget..
@Nura: Itulah salah satu kehebatan lebah. thanks ya mbak..
@Ratasoe: Yups, ciptaan Tuhan tidak ada yang sia-sia..

Kang Sugeng on March 28, 2010 at 2:02 PM said...

Weeeh... huebat tenan yo, lebah bisa mengendus bom

kang tejo on March 28, 2010 at 3:36 PM said...

subhanallah lebah n yang nemuin alat n teknologi benar2 hebat
salam kenal juga

sibaho way on March 28, 2010 at 4:01 PM said...

wah baru denger nih... pasti lebih fleksibel daripada menggunakan anjing pelacak...

Darin on March 28, 2010 at 4:31 PM said...

subhanallah..
baru tahu saya tentang hal ini sob!

Nirmana on March 28, 2010 at 4:34 PM said...

terlalu banyak yang menakjubkan dari se-ekor lebah. subhanalloh,,

^kalo manusia menakjubkannya dimana yah^

toko online on March 28, 2010 at 5:26 PM said...

lebah memang hewan yg berguna !!!

sudah ada di al quran

RCA 102,5 FM on March 28, 2010 at 6:26 PM said...

Artikel menarik tentang lebah. Sukses.

Gajah Mada FM on March 28, 2010 at 6:27 PM said...

MAMPIR

Link Tea on March 28, 2010 at 9:40 PM said...

Halah ada2 aja dasar orang pinter hehe..

Saung Web on March 28, 2010 at 9:43 PM said...

Haha.. itu berkat kemajuan Bio tecknologi yah.. btw makasih linknya sob.. segera saya pasang balik ya..

Saung Link on March 28, 2010 at 9:45 PM said...

Ok sobat.. baru tahu nih ternyata blognya sobat lama juga nih.. linknya segara di added juga ya

ozym on March 28, 2010 at 10:12 PM said...

@Kang Sugeng: iya kang.. ternyata endusannya tajam juga.. hehe..
@kang tejo: Iyo kang.. hebat juga mereka..
@sibaho way: tentunya begitu, kan bawanya juga ndak repot.. hehe..
@Darin: saya juga baru tahu kemarin sob.. hehe..
@Nirmana: Ciptaan Allah yang satu ini emang super hebat.. kalau manusia juga banyak kok kelebihannya.. kan yang jadiin lebah jadi pelacak juga hasil penemuan manusia.. hehe.
@RCA 102,5 FM: makasih.. sukses juga buat sobat.. thanks ya..
@Gajah Mada FM: Makasih ampirannya..
@Link Tea: hehehe..emang orang pinter nih ada-ada saja kerjaannya.. :D
@saung web: Tentunya begitu kang.. hehe.
makasih kembali atas kunjungan balik kang saung..
@Saung Link: hehe.. iya kang sudah lama nih terlantarnya.. makasih ya kang..

Distro Islami Dizhwar on November 7, 2010 at 10:33 AM said...

Subhanallah...sungguh hebat masterpiece Allah SWT. Mungkin ke depan bisa dikembangkan lebih serius potensi lebah ini

ICA Ups on November 16, 2010 at 12:08 PM said...

salam kenal .
wahh keren yaa .
lebah yang selama nii dianggap hewan penyengat ppunnya manfaat lebih selaiin pembuat maduu .

Museum Budaya on December 20, 2010 at 1:55 PM said...

salam kenal .
makasih buat infonya .
lebah bisa digunakan buat pelacak juga ya .
mantap .

Busisess Coach on March 30, 2011 at 12:55 PM said...

salam kenal .
makasih buat infonya .
thanks .

Lingerie Indonesia on July 15, 2011 at 9:09 PM said...

jujur baru tau loh ini hhehehe makasih infonya.. anyway lebahnya cantik :D

edhoJR on July 16, 2011 at 2:56 PM said...

pasti anjing pelacak pada ngiri sama ini lebah, dapat saingan.. :D

Software Akuntansi on July 22, 2011 at 4:48 PM said...

wah aku baru tau nih da lebah pelacak,...! thanks y infonya...

Ovie on September 22, 2011 at 1:30 PM said...

ternyata selain anjing pelacak. . .,lebah juga dpt melacak. . .
Saya bru tau. . .
^_^

bang huda on November 15, 2011 at 3:31 PM said...

keren keren. itulah salah satu hewan yang haram untuk dibunuh. gak tahu kenapa, tapi emang luar biasa

Myrna on November 23, 2011 at 9:34 AM said...

Wah hebat juga nih lebah bisa melacak :)

CCTV on November 23, 2011 at 9:33 PM said...

hebat banget lebahnya hehe bisa sampai melacak penjahat di bandara, bisa ngalahin CCTV ini sih :p

bisnis pulsa murah on December 1, 2011 at 5:15 AM said...

mantap ni... lebah kok bisa melacak ya..
ijin share link bisnis ya juragan
huruf timbul | neon box | judi bola online | cara memperbesar penis | tiket pesawat murah | pulsa murah | bisnis pulsa | pulsa elektrik | bisnis online gratis | jasa seo murah | jasa seo | jasa seo termurah | ban terbaik di indonesia gt radial | cara jualan pulsa | bisnis online tanpa modal | bisnis online 2012

obat herbal asam urat on December 1, 2011 at 9:36 AM said...

menurut saya sih yang hebat bukan lebah nya..
tapi yang ngelatih lebah tersebut.

obat herbal penyakit ginjal on December 1, 2011 at 9:58 AM said...

apa ga susah nyari nya tuh kalo lebah nya terbang terlalu cepat?

obat herbal diabetes mellitus on December 1, 2011 at 10:16 AM said...

kemampuan yang hebat..
tapi sayang hanya bisa di gunakan untuk melacak cuma 2 hari...

obat herbal kanker kelenjar getah bening on December 1, 2011 at 10:41 AM said...

baru tau nih kalo lebah juga bisa di jadikan sebagai lebah pelacak..
termakasih atas info nya.

Supplier Tas on December 2, 2011 at 2:46 PM said...

Wah unik juga ya gan. Nice share.. Thanks for share ya.. Salam kenal..

Berkunjung ke web ane juga ya.
Produsen Tas

obat untuk diabetes melitus on December 7, 2011 at 2:01 PM said...

sudah pada pintar nih hewan2 termsuk lebah :D

Obat Herbal Nyeri Sendi on December 7, 2011 at 3:41 PM said...

waduu apa gg takut di sengat...

Cara mengobati kanker payudara on December 9, 2011 at 4:04 PM said...

kren juga tuh lebah nya.... bisa ngelacak juga :D

cara aman mengobati penyakit gondok on December 10, 2011 at 10:54 AM said...

itu bner lebah ?

apa robot ?
hehe

Obat herbal untuk radang paru-paru on December 19, 2011 at 1:30 PM said...

thaks gan infonya bagus dan bermanfaat

belajar baca quran on December 30, 2011 at 5:25 PM said...

nice info. semoga bermanfaat.

xamthone on January 17, 2012 at 10:47 AM said...

keren juga ni lebah madu
tapi pas waktu d i pake gmna?
gak nyengat tuh nanti ???

Adhitya Nugraha Novianta on January 23, 2012 at 1:24 AM said...

ternyata lebah bisa dijadikan pelacak

obat herbal penyakit stroke on January 24, 2012 at 2:13 PM said...

hebat banget,,,saya baru tau..yhank infonya..

Korean Maniac on February 1, 2012 at 9:41 PM said...

WAW .. keren..
good info ^^

obat herbal disentri on February 13, 2012 at 8:41 AM said...

lebah di indonesia kan banyak kenapa gak di manfaatkan separti ini buat ngelacak alitan dana century dan wisma atlet

jelly gamat on February 16, 2012 at 12:58 PM said...

nice info gan...

Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik on February 17, 2012 at 4:00 PM said...

waaaaaaaah bru tw nh ad lebh pelack

pasang iklan on March 31, 2012 at 5:03 PM said...

merepotkan kalau mesti gonta ganti lebah. tetep yang terbaik adalah anjing pelacak bisa ngabdi seumur hidupnya.

fauzi online on April 21, 2012 at 9:08 AM said...

ia betul komentar di atas saya, lebih baik anjing pelacak dong yang bisa seumur hidup mengabdi

Dhidhit on May 30, 2012 at 2:21 PM said...

Lebah adalah binatang yang banyak manfaatnya, selain menghasilkan madu ternyata lebah juga bisa dijadikan pelacak

Nuno on June 15, 2012 at 10:07 PM said...

Selain menghasilkan madu yang baik untuk kesehatan, Lebah bisa dijadikan pelacak

Nuno on June 19, 2012 at 11:55 AM said...

Lebah banyak manfaatnya..

Dhidhit on July 20, 2012 at 11:50 PM said...

Hidup seperti lebah dimana lebah sangat bermanfaat.

sticker mobil on July 1, 2013 at 1:16 PM said...

mantap...kreatif sekali memanfaatkan lebahnya...

Post a Comment

Followers

Archive

 

ozym blog. Copyright 2009 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Blog Skins