Lebah Pelacak

Salah satu hewan yang sangat membantu petugas keamanan ketika melakukan operasi adalah anjing pelacak. Karena hewan ini mempunyai daya penciuman yang kuat. Namun sebenarnya tidak hanya anjing pelacak saja yang bisa mengemban tugas untuk mengendus jejak para penjahat. Para ilmuwan inggris telah menemukan sesuatu yang baru untuk membantu pekerjaan petugas keamanan ini, yaitu Lebah. Biasanya yang digunakan adalah lebah madu.

Ternyata lebah juga mempunyai indra penciuman yang baik layaknya anjing pelacak. Lebah mampu mencium bahan peledak dan sejenisnya. Tapi membutuhkan waktu untuk melatihnya. Setiap kelompok lebah diberi paparan berbagai bau yang berbeda, dan diberi penghargaan berupa tetesan sirup ketika mereka berhasil menemukan target yang tengah dicari. Selama beberapa jam, kelompok lebah-lebah tersebut belajar berasosiasi dengan penghargaan yang akan mereka dapat saat berhasil menemukan sumber bau.

Setelah dilatih lebah ini dimasukkan kedalam kotak yang bernama Vasor. Kotak ini  mampu menerjemahkan tanggapan dari lebah yang terlatih ke hasil elektronik. Biasanya lebah ini digunakan pada keamanan tempat-tempat umum seperti bandara, stasiun, terminal dll. untuk melacak para penjahat yang membawa bahan peledak. Entah di indonesia sudah ada apa belum ya..? :D

Namun sayangnya, biasanya mereka dapat bekerja hanya dua hari saja. Setelah itu mereka akan kembali pada alamnya. Jadi setelah 2 hari harus cari lebah baru lagi dah..

Benar-benar hebat lebah ini, sudah menghasilkan madu yang bermanfaat untuk manusia, masih juga bisa membantu pekerjaan polisi. Kagum deh sama si lebah.. sungguh Tuhan menciptakan makhluknya tiada yang sia-sia.