10 Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

Daun bayam adalah salah satu sayuran yang mempunyai kandungan vitamin yang menyehatkan. Terdapat banyak sekali manfaat bayam untuk tubuh manusia. Oleh karenanya kita dianjurkan untuk sering mengkonsumsi sayuran ini.

Diantara kandungan yang terdapat pada daun bayam adalah vitamin A dan K, mangan, folat, magnesium, serat, kalsium, dan protein serta rendah kalori. Tentu dengan kandungan lengkap seperti itu, daun bayam menjadi salah satu makanan yang bernutrisi lengkap yang patut kita konsumsi.

Saya sendiri termasuk salah seorang pengkonsumsi daun bayam aktif. Karena manfaat bayam yang begitu banyak itulah saya menanam bayam di sekitar lingkungan rumah. Menanam bayam tidak sulit kok, cukup saya terbar benih bayam yang saya dapat dari tetangga di pekarangan rumah, dan selanjutnya dia tumbuh dengan sendirinya tanpa adanya perawatan secara intensif, cukup disiram secara rutin. Hasilnya lumayan, untuk sekedar konsumsi pribadi. Daripada pekarangan rumah hanya diisi oleh rumput yang tidak berguna.

Lantas apa saja sih manfaat bayam itu?

1. Mencegah Kanker
Meskipun dari bentuknya tanaman ini terkesan biasa saja, tapi manfaatnya sungguh luar biasa karena bayam dapat melawan sel kanker. Kandungan yang terdapat pada daun bayam seperti Vitamin A dan Vitamin C, serat, asam float, adalah nutrisi yang mampu melawan kinerja sel kanker. Selain itu,  Kandungan flavanoid dapat mencegah kanker seperti kanker payudara pada wanita serta kanker prostat pada pria.

2. Menurunkan Berat badan
Buat anda yang merasa berat badan makin hari makin naik dan ingin segera menurunkannya, sebaiknya anda rajin-rajin mengkonsumsi sayuran ini. Kenapa? Karena bayam mengandung lebih dari 20 persen serat yang sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Serat dalam bayam juga bisa melancarkan metabolisme dalam tubuh yang baik diet.

3. Baik untuk Mata
Sudah jelas Sayuran yang mengandung vitamin A pastilah baik untuk kesehatan mata. Begitu juga dengan daun bayam yang mengandung nutrisi tersebut.
Manfaat bayam yang lain untuk mata adalah dapat mencegah katarak.

4. Menyehatkan Jantung
Jantung adalah salah satu organ tubuh yang sangat vital bagi manusia. Kita wajib menjaga kesehatannya. Salah satunya adalah dengan rajin mengkonsumsi daun bayam yang memiliki kandungan vitamin A, C, folat serta magnesium. Tentunya kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan jantung kita.

5. Menurunkan Hipertensi
Saat ini banyak sekali orang yang mengalami tekanan darah tinggi. Bagi anda yang termasuk diantara mereka, cobalah mengkonsumsi sayuran yang mudah didapat ini. Karena bayam kaya akan kandungan kalium dan rendah sodium. Bayam memiliki tingkat mineral yang seimbang. Folat yang terkadung dalam bayam juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah yang pada akhirnya dapat mempertahankan kelancaran sistem aliran darah.

6. Menjaga Kesehatan Otak
Manfaat bayam yang ini adalah sangat cocok bagi anda yang pelupa. Wajar kalau semakin hati kita semakin sering lupa karena memang kemampuan mengingat sesuatu akan berkurang seiring bertambahnya usia. Dan bayam adalah solusi untuk meningkatkan kemampuan memori otak.

7. Nutrisi yang Baik untuk tulang dan Sendi
Kandungan kalsium dan magnesium dalam bayam dapat membantu untuk menguatkan tulang pada tubu. Sehingga pengeroposan tulang dapat dicegah kalau kita rajin mengkonsumsi sayuran ini.

8. Tidak mudah capek
zat besi yang terkandung dalam bayam akan membuat tubuh memiliki energi lebih untuk pekerjaan dan aktifitas. Manfaat bayam ini sangat diperlukan bagi kita pekerja berat yang sering menguras tenaga lebih.

9. Kulit Menjadi Sehat
Salah satu manfaat bayam adalah dapat menyehatkan kulit. Hal ini karena bayam mengandung vitamin A yang tinggi yang dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan memungkinkan retensi kelembaban yang tepat pada epidermis yang pada akhirnya dapat memerangi psoriasis, jerawat, keratinisasi, bahkan keriput.

10. Menyehatkan Organ Pencernaan.
Kandungan serat yang tinggi dalam bayam sangat efektif menyehatkan organ pencernaan dan mencegah berbagai gangguan masalah pencernaan lainnya yang mungkin terjadi.

Itulah 10 manfaat bayam yang sangat berguna bagi tubuh kita dan Sebenarnya masih banyak lagi manfaat lain sayuran bayam ini. Oleh karenanya rajin-rajinlah mengkonsumsi sayuran yang sarat akan kandungan nutrisi lengkap ini. Bayam bukan sayuran yang sulit didapat kok, anda bisa menanam sendiri di pekaragan rumah atau bisa beli di pasar atau tukang sayur keliling.