Manfaat Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Beberapa manfaat buah sirsak yang penting untuk kesehatan tubuh kita antara lain dapat membunuh parasit, mengurangi peradangan, mengatasi masalah pernapasan, sebagai obat penenang tubuh dan pikiran, mengobati berbagai penyakit kulit, mengobati kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menenangkan perut dan lain sebagainya yang akan kami jelaskan pada postingan ini.

Buah sirsak atau dengan nama latin Annona muricata L adalah tumbuhan yang konon berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika selatan. Tanaman ini dapat tumbuh di sembarang tempat, biasanya orang-orang menanamnya di sekitar pekarangan rumah. Sirsak mempunyai kandungan positif bagi kesehatan manusia karena mengandung vitamin C, serat dan nutrisi penting lainnya mulai dari buahnya, daun dan pohonnya. Daun sirsak ternyata mengandung banyak manfaat untuk bahan pengobatan herbal, dan untuk menjaga kondisi tubuh. Dibalik manfaatnya tersebut ternyata tak lepas dari kandungannya yang banyak mengandung acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin. Kandungan senyawa ini merupakan senyawa yang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh, bisa sebagai obat penyakit atau untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

8 MANFAAT BUAH SIRSAK

Lihat Manfaat Lainnya: 
Manfaat Buah Alpukat
Manfaat Minyak Zaitun 
Manfaat Buah Markisa 
Manfaat Kangkung 
Manfaat Buah Pinang

Anti Parasit: Sifat anti parasit sirsak menjadikan buah ini sangat populer di masyarakat sebagai obat herbal. Dengan menyeduhteh dari daun buah sirsak anda sudah dapat membersihkan usus dan memperlancar sistem pencernaan.

Anti Inflamasi: Bagi anda yang sering mengalami nyeri sendi atau peradangan seperti asam urat atau artritis, anda dapat mencoba menggosok ramuan sirsak pada daerah yang sakit. Senyawa anti-inflamasi yang ditemukan dalam sirsak dapat mempercepat penyembuhan pada daerah yang terasa sakit pada nyeri sendi atau asam urat.

Masalah Pernapasan: Jika anda mengalami masalah dengan pernapasan seperti batuk, pilek atau masalah pernapasan yang lain, cobalah makan buah siersak untuk membantu membersihakn saluran udara pernapasan, mengurangi kemacetan dan menyembuhkan iritasi pada saluran pernapasan. Buah sirsak bertindak sebagai ekpetoran, yang dapat menghilangkan dahak dan lendir dimana terdapat banyak patogen hidup didalamnya. Dengan mengurangi peradangan pada rongga hidung dan saluran pernapasan maka akan dapat mempercepat penyembuhan.

Mengatasi Stres: Teh sirsak telah diakui dapat membantu meringankan stres selama berabad-abad. Terdapat sifat anti-inflamasi sirsak yang dapat membantu menenangkan penderita stres atau rasa cemas berlebih. Hormon stres dalam tubuh dapat merusak, dan dapat mengacaukan siklus metabolisme alami serta jadwal tidur. Jika anda menderita insomnia atau susah tidur anda dapat mencoba minum teh sirsak agar mudah tertidur.

Menjaga Kesehatan Kulit: Sirsak juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit caranya dengan menghancurkan biji buah sirsak menjadi bubuk lantas tambahkan sedikit air hingga berbentuk pasta dan pakailah bubuk biji buah sirsak tersebut ke kulit anda. Ini dapat membantu mengurangi garis-garis dan kerutan pada kulit. Dengan pemakaian teratur dapat membuat kulit menjadi lebih sehat sekaligus dapat melindungi kulit dari infeksi bakteri dan mikroba.

Mencegah Kanker: Manfaat ampuh sirsak yaitu dapat membantu mencegah kanker karena sifat antioksidannya. Antioksidan sirsak berasal dari acetogenins, kuinolon dan alkaloid yang dapat membantu dalam pencegahan kanker dan mengurangi resiko tumor. Telah diadakan penelitian secara ekstensif pada senyawa organik yang unik pada sirsak dan telah dipelajari secara luas bahwasanya sirsak adalah salah satu alternatif obat kanker. Acetogenins dalam sirsak dapat memotong aliran darah ke pertumbuhan sel asing sehingga dapat mencegah berbagai penyakit kanker seperti kanker payudara, pankreas, prostat dan kanker paru-paru.

Sistem Kekebalan Tubuh: Melindungi sistem kekebalan tubuh adalah komponen sangat penting untuk menjaga kesehatan. Menambahkan buah sirsak dalam menu makanan anda sebagai jus atau makanan penutup dapat berdampak positif terhadap kesehatan tubuh anda. Buah yang kaya dengan vitamin C ini dapat merangsang produksi sel-sel darah putih, sedangkan konsentrasi antioksidan membantu menetralkan radikal bebas dan mencegah penyakit kronis.

Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan: Manfaat sirsak juga sangat baik untuk pencernaan, Buah sirsak kaya dengan vitamin C, yang digunakan bertahun-tahun yang lalu untuk mengobati disentri. Jus dari buah sirsak dapat menjadi diuretik yang sangat efektif untuk membersihkan saluran pencernaan dan membuang kelebihan racun dan garam dari tubuh. Komponen anti-inflamasi termasuk di dalamnya alkaloid dan kuinolon dapat mengurangi parasit dalam usus dan mengurangi rasa sakit dan iritasi pada perut/usus.