Ramuan Tradisional Kencur Untuk Mengobati Berbagai Penyakit


Kencur merupakan tanaman kecil yang tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan. Daging Rimpang kencur berwarna putih dan kulitnya berwarna coklat dengan aroma yang khas. Biasanya kencur dijadikan salah satu bahan untuk pembuatan jamu gendong keliling atau sering disebut beras kencur yang bermanfaat untuk kebugaran tubuh.

Kencur merupakan salah satu jenis tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae) karena rimpang atau rhizoma tanaman ini mengandung minyak astiri dan alkloid yang bermanfaat sebagai stimulan. Kandungan minyak astirinya berupa sineol, asam metil kanil, pentadekaan, asam sinamat, etil ester, borneol, kamphene, paraeumarin, asam anisat, alkaloid dan gom.

Beberapa manfaat kencur adalah dapat mengobati batuk, radang lambung, radang anak telinga, influenza pada bayi, masuk angin, sakit kepala, membersihkan darah kotor, mengobati diare, memperlancar haid, mata pegal, keseleo, dan sebagai alat KB tradisional.

Untuk lebih jelasnya berikut ini cara pengggunaan kencur sebagai obat tradisional.
manfaat kencur

MANFAAT KENCUR

1. Mengobati Radang Lambung
Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.
cara mengobati:
siapkan 2 rimpang kencur sebesar ibu jari lalu kupas kulitnya kemudian dikunyah. Setelah dikunyah, airnya ditelan dan ampasnya dibuang, kemudian minum 1 gelas air putih dan lakukan secara teratur sampai sembuh.

2. Radang Telinga Tengah
Radang telinga tengah  adalah peradangan telinga bagian tengah yang biasanya disebabkan oleh penjalaran infeksi dari tenggorok (faringitis) dan sering terjadi pada anak-anak. Pada semua jenis otitis media juga dikeluhkan adanya gangguan dengar (tuli) konduktif.
cara mengobati:
Siapkan 2 rimpang kencur sebesar ibu jari dan 1/2 biji buah pala. Kemudian kedua baha tersebut ditumbuk halus lalu tambahkan 2 sendok air hangat. Lalu oleskan ramuan tersebut di area sekitar telinga.

3. Masuk Angin
Masuk angin adalah suatu "penyakit" yang disebabkan karena berkumpulnya gas yang tidak merata di dalam tubuh.
cara mengobati:
Kupas 1 buah rimpang kencur sampai bersih, kemudian kencur dimakan dengan campuran garam secukupnya, lalu minum 1 gelas air putih. Lakukan pengobatan ini 2 kali sehari sampai sembuh.

4. Sakit kepala
Cara mengobati:
Siapkan 2-3 lembar daun kencur kemudian tumbuk sampai halus dan oleskan pada dahi.

5. Membersihkan darah kotor
Siapkan 4 rimpang kencur sebesar ibu jari, 2 lembar daun trengguli, 2 biji cengkeh kering dan adas peluwaras secukupnya.
Semua bahan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih lalu disaring dan air saringan tersebut diminum 2 kali sehari secara teratur.

6. Mengobati batuk
Siapkan 1 rimpang kencur sebesar ibu ari dan garam secukupnya. Kemudian Rimpang kencur diparut halus dan tambahnyak 1 cangkir air hangat, lalu diperas dan disaring. Minumlah air saringan kencur tersebut dengan menambahkan garam secukupnya.

7. Diare
Buatlah ramuan dengan bahan 2 buah rimpang kencur sebesar ibu jari lalu parut hingga halus dan tambahkan 1 cangkir air hangat kemudian diperas dan disaring. Lalu oleskan pada bagian perut.

8. Memperlancar Haid
Bagi anda para wanita yang mempunyai masalah dengan haid bisa mencoba ramuan tradisional dari kencur ini dengan cara:
Siapkan 2 rimpang kencur sebesar ibu jari, 1 lembar daun trengguli, 1 buah cengkeh tua dan adas pulawaras secukupnya.

Cara membuatnya: rimpang kencur dicincang, kmudian dicampur dengan bahan lain dan dierbus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 2 gelas, kemudian disaring. Minumlah air saringan tersebut sebanyak 2 cangkir sekali sehari.

9. Mata Pegal
Kerja mata yang fokus dan lama menyebabkan rasa pegal dan tidak nyaman pada mata. Tidak hanya pengguna komputer saja yang dapat mengalami mata pegal. Pekerjaan rumah tangga seperti menjahit, menyulam juga dapat menyebabkan mata Anda terasa pegal. Selain itu, mata pegal juga dapat terjadi jika terdapat ketidaksesuaian kaca mata dengan kelainan refraksi mata.
Untuk mengatasi mata pegal secara alami dapat menggunakan ramuan tradisional kencur dengan cara:
Siapkan 1 potong rimpang kencur kemudian belah menajadi 2 bagian. Lalu gosokkan permukaan kencur yang masih basah pada kelopak mata.

10. Keseleo
Dalam aktifitas sehari-hari tidak jarang kita mengalami kecelakaan kecil yang mengakibatkan keseleo. Untuk membantu mengobati penyakit keseleo ini dapat menggunakan kencur dengan cara:
Siapkan 1 buah rimpang kencur dan beras yang sudah direndam dalam air. Kemudian kedua bahan tersebut ditumbuk halus dan tambahkan air secukupnya. Oleskan ramuan yang sudah dibuat tadi pada bagian tubuh yang keseleo.

11. Alat KB Tradisional
Bahan yang diperlukan:
5 gram kencur, 5 gram kunyit putih, 2 lembar daun sirih dan 1 sendok makan air kapur sirih.
Kunyit, kencur, kunyit putih dan daun sirih ditumbuk sampai halus, kemudian tambahkan sedikit air panas, dan diperas lalu tambahkan air kapur sirih.
Ramuan ini diminum 2 kali dalam seminggu.