-->

Manfaat Mentimun Untuk Menjaga Tubuh Sehat Alami

Manfaat mentimun sudah dikenal luas oleh masyarakat baik untuk kesehatan maupun kecantikan misalnya dapat menyembuhkan masalah kulit, pembengkakan mata, kulit terbakar. Mentimun juga mengandung askorbat dan asam caffeic yang dapat membantu mencegah kehilangan air, oleh karena itu mentimun seringkali dioleskan pada luka bakar dan dermatitis.

Buah timun sebagian besar terdiri dari air dan mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh manusia. Daging mentimun kaya akan vitamin A, C dan asam folat sedangkan kulit timun yang keras kaya akan serat dan berbagai mineral seperti magnesium, molibdenum dan kalium. Buah timun juga mengandung silika, yaitu mineral yang berkontribusi untuk memperkuat jaringan tubuh.

Secara ilmiah mentimun dikenal dengan Cucumis sativus dan termasuk dalam famili yang sama dengan buah lain yang mengandung air seperti semangka dan buah labu. Mentimun adalah tanaman merambat dan buahnya dapat dimakan langsung atau sebagai acar. Biasanya di restoran, rumah makan, atau warung yang menyediakan menu lalapan, tidak lupa menggunakan buah timun ini.

manfaat mentimun

MANFAAT MENTIMUN

Menyehatkan dan mengatasi berbagai masalah kulit

Buah mentimun kaya akan silika, sebuah komponen penting yang dapat membantu dalam mengembangkan jaringan ikat yang kuat dan sehat pada otot, ligamen, tendon, tulang, dan tulang rawan. Dokter sering merkomendasikan jus mentimun karena kandungan silika tersebut dapat membuat kulit lebih sehat dan cerah. Selain itu kandungan air dalam mentimun adalah kandungan hidrasi alami yang dapat menjaga kelembaban kulit. Ektrak mentimun sering juga digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit seperti kulit terbakar dan pembengkakan di bawah mata. Asam askorbat dan asam caffeic adalah dua senyawa penting dalam mentimun yang dapat mencegah kehilangan air dari tubuh. Inilah beberapa alasan mengapa mentimun diterapkan topikal untuk mengatasi berbagai masalah kulit.


Mencegah Sembelit dan Menjaga Kesehatan Ginjal

Mentimun merupakan perpaduan sempurna dari serat dan air. Oleh karena itu kedua kandungan ini dapat membantu untuk melindungi tubuh dari penyakit sembelit dan batu ginjal. Dengan minum jus mentimun, secara tidak langsung anda sudah mengkonsumsi serat dan air pada waktu yang sama. Di negara Amerika mayoritas penduduknya lebih memilih untuk mengkonsumsi salad nasi mentimun secara teratur untuk memenuhi kebutuhan serat alami dalam tubuh. Mentimun juga sumber vitamin C, silika, kalium dan magnesium yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Buah mentimun mengandung kadar air alami sekitar 96% yang jauh lebih baik kualitasnya daripada air biasa. Kulit mentimun mengandung kadar vitamin A yang tinggi, sehingga jika dikonsumsi dengan kulitnya maka akan mendapatkan lebih banyak gizi.


Mengontrol Tekanan Darah

Sebuah studi dilakukan di DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) dimana penelitian dilakukan pada penderita hipertensi yang mengkonsumsi makanan tinggi magnesium, kalium dan serat seperti yang dimiliki oleh buah mentimun dan hasilnya darah mereka turun ke tingkat normal.


Mengelola Diabetes

Manfaat Mentimun telah diakui dapat membantu bagi para penderita diabetes selama bertahun-tahun. Mentimun memiliki hormon yang dibutuhkan oleh sel-sel beta selama produksi insulin. Di dalam mentimun juga mengandung karbohidrat yang berkontribusi dalam meningkatkan glukosa, namun karbohidrat dalam buah ini dapat dengan mudah dicerna oleh penderita diabetes. Dengan demikian, konsumsi mentimun dapat menjaga kadar glukosa dalam tubuh dan sangat baik untuk penderita diabetes.


Menjaga Kesehatan Tubuh

Mentimun memiliki sifat yang baik untuk membersihkan dan menghilangkan akumulasi limbah dan racun di dalam tubuh secara efektif. Dalam banyak kasus, mentimun telah terbukti menjadi pengobatan yang efektif untuk penderita arthritis karena dapat menghilangkan asam urat. Mentimun juga sebagai diuretik alami yang dapat membantu dalam sekresi urin. Buah ini juga sangat baik untuk mengoptimalkan kandung kemih, gijal, hati dan fungsi pankreas. Jus mentimun bersama dengan jus wortel sangat baik untuk menyembuhkan rematik yang disebabkan oleh asam urat yang berlebihan dalam tubuh.


Manfaat mentimun lainnya adalah dapat membantu untuk meringankan masalah paru-paru dan perut. Sering-seringlah mengkonsumsi mentimun untuk menjaga tubuh anda tetap sehat secara alami.


LihatTutupKomentar