Ini Lho Manfaat Buah Pinang Buat Kesehatan

manfaat-buah-pinang
Ketika mendengar kata "pinang" kemungkinan akan terlintas dalam pikiran anda tentang sebuah lomba yang sering diselenggarakan pada saat agustusan yaitu "panjat pinang". Kalau tidak mungkin anda langsung teringat dengan nenek yang sering menggunakan buah pinang untuk "nginang". Yups, memang itulah sebagian dari manfaat buah pinang bagi kehidupan kita.

Namun tahukah anda bahwa tidak hanya sebatas itu manfaat buah pinang bagi kehidupan kita. Ternyata masih banyak manfaat-manfaat lain yang terkandung dari buah ajaib ini. Diantaranya buah pinang sangat baik untuk kesehatan, kecantikan, bahkan untuk keperkasaan pria. Yah tidak salah memang jika buah pinang sudah dimanfaatkan oleh orang tua-tua dulu untuk keperluan mereka.

Sebelum kita membahas manfaat buah pinang lebih lanjut mari kita berkenalan dengan tumbuhan ini terlebih dahulu.

Saya yakin anda sudah tidak asing lagi dengan pohon pinang karena anda sering menjumpainya. Yups, tumbuhan yang mempunyai batang lurus langsing ini mempunyai ketinggian hingga 25 m. Tak heran jika pohon pinang selalu dijadikan media untuk lomba panjat pinang.

Daun pohon pinang memang mirip dengan daun pohon kelapa tapi pinang mempunyai tangka daun yang pendek dan bercabang rangkap. Buahnya pun tidak sebesar pohon kelapa. Buah pinang berbentuk bulat telur terbalik memanjang, merah orange, dengan panjang sekitar 3,5-7 cm saja dengan dinding buah yang berserabut. Nah, keistimewaannya adalah terletak pada kandungan manfaat buah pinang ini.

MANFAAT BUAH PINANG UNTUK KESEHATAN

1. Menjaga Kesehatan organ Kewanitaan
Seorang wanita senantiasa diharuskan menjaga kesehatan organ kewanitaannya karena jika tidak terawat berbagai macam penyakit mudah sekali datang di area organ intim tersebut. Saat ini memang sudah banyak produk-produk untuk ini, namun alangkah baiknya jika anda memanfaatkan buah pinang yang alami dan bebas dari resko bahan kimiawi.

Caranya adalah dengan membuat ramuan yang terdiri dari daun sirih, gambir, kulit pinang dan kapur sirih.

Kemudian bahan-bahan tersebut direndam dalam air. Gunakan air rendaman tersebut untuk  membasuh organ kewanitaan anda agar senantiasa terjaga kesehatannya.

Menurut Dian Gantini seorang ahli Herbalife mengatakan bahwa buah pinang yang memiliki rasa sepat agak asam ini bermanfaat untuk pemulihan vagina setelah proses melahirkan. Cara untuk mengkonsumsinya juga termasuk sangat mudah yaitu dengan cara memasak buah pinang, lalu kemudian menyaring airnya dan kemudian di minum secara berkelanjutan setelah proses melahirkan. (viva.co.id)
2. Baik untuk Gigi
Anda mungkin pernah bertanya-tanya, kenapa sih orang tua dulu senang sekali nginang? Alasannya adalah karena salah satu manfaat buah pinang adalah bisa menjaga kesehatan gigi. Biasanya ini dicampur dengan sirih dan gambir. Maklum pada zaman dulu orang tua kita mungkin masih belum mengenal pasta gigi atau sejenisnya. Jadi dengan memanfaatkan buah pinang inilah alternatifnya.

3. Mengobati Diare
Penyakit yang satu ini bisa datang kapan saja dan dimana saja. Tentu sangat menjengkelkan kalau kita sering-sering ke kamar mandi gara-gara diare. Nah, cara alami yang dapat kita gunakan untuk membantu mengatasi diare adalah dengan manfaat buah pinang ini.

4. Mengobati sakit pinggang
Bagi pekerja berat, seringkali tejangkit sakit pinggang, atau bahkan anda yang telalu lama beraktifitas. Lantas bagaimana cara mengobati sakit pinggang dengan buah pinang? Begini caranya:
Siapkan beberapa lembar daun pinang, kemudian tumbuk kasar lalu hangatkan. Setelah itu, daun pinang yang telah di tumbuk dikompreskan pada pinggang yang sakit. Lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur.

5. Mengobati Cacingan
Cacingan sering diderita oleh anak-anak kita dan jika tidak segera diobati maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan mereka. Nah untuk mengantisipasinya secara alami, cobalah mengambil salah satu manfaat buah pinang ini. Caranya:
Sediakan 1/4 buah pinang, temulawak 1/2 jari, dan kunyit secukupnya. Semua bahan tersebut direbus hingga matang kemudian minum air saringan ramuan tersebut.

6. Baik untuk mata
Penyakit umum pada mata terutama pada orang tua, atau kita yang sering terlalu lama di depan monitor adalah penyakit rabun jauh maupun rabun dekat. Jadi pandangan kita menjadi kabur dan kurang tajam. Nah, untuk mengobatinya cobalah ramuan buah pinang ini. Caranya: kunyah daging pohon pinang dan telan airnya. Atau bisa dengan cara lain yaitu ambil 1 buah pinang yang masih muda, lalu kunyah dan hisap airnya. Cara ini sangat efektif untuk mengobati mata.

7. Mengobati kulit yang luka
Manfaat buah pinang yang ketujuh ini sangat berguna bagi anda yang mungkin habis terjatuh atau lainnya sehingga terdapat luka pada bagian tubuh anda. Untuk mengobatinya cukup dengan menumbuk halus daging buah pinang yang masih muda dan tempelkan hasil tumbukan tesebut pada kulit yang luka.

Itulah beberapa manfaat buat pinang bagi kehidupan kita sehari-hari. Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami seperti buah pinang ini, tentu akan lebih efektif untuk menjaga kesehatan kita. Agar lebih mudah mendapatkan buah ini, tanamlah di sekitar rumah anda. Pohon pinang ini juga cocok dan bagus untuk tanaman hias di depan rumah.